DAD Terima Bantuan Aksesoris Tradisional Dari Pemkab Sanggau

Editor: Redaksi


SANGGAU, suaraborneo.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan bantuan aksesoris tradisional kepada Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau yang diterima langsung oleh sekretaris DAD Kabupaten Sanggau. Selasa, (26/1/2021).


"Hari ini kita menyerahkan bantuan kegiatan fasilitasi perkembangan keragaman budaya berupa aksesoris-aksesoris tradisional ke DAD Kabupaten Sanggau," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Sudarsono usai penyerahan di kantornya.


Barang-barang yang diserahkan tersebut, dibeberkan dia, berupa baju penari putra dan putri, rompi kulit kayu pria dan wanita, topi rajut rotan pria dan wanita, manik-manik, syal kapuak dan syal tenun ikat. "Kita berharap barang-barang ini bisa dimanfaatkan oleh DAD sebagai kelengkapan atribut dalam melaksanakan setiap even kegiatan," ujar Sudarsono.


Sementara itu, Sekretaris DAD Kabupaten Sanggau Urbanus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atas kepeduliannya terhadap perkembangan budaya daerah. 


"Terima kasih atas kepedulian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sanggau. Aksesoris-aksesoris tradisional ini tentu sangat bermanfaat. Saya berharap kepedulian ini dapat terus berlanjut," ucapnya.


Menurut Urbanus, bantuan ini sangat penting bagi DAD. Terutama untuk memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Dayak bahwa budaya Dayak itu tidak hanya sebatas gawai atau pesta padi saja. 


"Kita punya ciri khas tersendiri dan unik menurut saya. Ini harus terus dikembangkan oleh masyarakat. Dan aksesoris-aksesoris ini nantinya bisa digunakan pengurus pada acara-acara tertentu seperti ritual adat," pungkasnya. (Bry)

Share:
Komentar

Berita Terkini