Bupati Rupinus Melaunching Alat RT-PCR di RSUD Sekadau

Sebarkan:

Launching RT PCR RSUD Sekadau 

SEKADAU, suaraborneo.id - Bupati Sekadau, Rupinus didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, Direktur RSUD Sekadau dan Kepala SKPD lainnya Melaunching alat test swab Polymerase Chain Reaction Metode Real Time (RT-PCR) di RSUD Sekadau, Senin, (7/12).


Usai kegiatan Launching tersebut, Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, selama ini menunggu hasil test swab cukup lama dan ke Pontianak atau Sintang. Oleh karena itu pemerintah daerah Kabupaten Sekadau berupaya untuk mengadakan alat RT-PCR.


"Ini supaya kita bisa melakukan test swab sendiri di Sekadau dalam waktu yang relatif singkat sudah diketahui hasilnya (40 menit)," ungkapnya.


"Ini salah satu upaya dari pemerintah daerah Kabupaten Sekadau untuk penanganan Covid-19," tambah Rupinus. 


Bupati Sekadau Rupinus mengimbau kepada masyarakat agar tetap melakukan tugas dan aktivitas seperti biasa. "Tidak usah takut yang berlebihan, dengan catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan dan 3M, selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun diair yang mengalir dan menjaga jarak," pesan Bupati Rupinus. 


Sementara, Plt Kadinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan, alat PCR dari pemerintah daerah tersebut melalui Dinas Kesehatan dihibahkan dan ditempatkan di RSUD Sekadau. 


"Hal itu dalam rangka kita melakukan tracing dan testing sehingga kita dengan cepat mengetahui hasil swab," ungkapnya. 


Dengan adanya alat PCR tersebut, Henry berharap agar kasus suspek Covid-19 bisa diatasi secepat mungkin. 


"Sekarang kita bisa periksa 20 sampel swab dalam 2 hari. Ini khusus untuk pasien yang suspek di rumah sakit RSUD Sekadau," jelas Henry Alpius. 


Henry Alpius menyampaikan target 5000 untuk sampel swab di Kabupaten Sekadau dengan bekerjasama Kabupaten Sintang. Sekarang kata dia, sudah hampir 2000 sample swab. (red) 



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini