Rupinus Hadiri Panen Ikan Poktan Sumber Makmur Desa Rirang Jati

Editor: Redaksi

Panen Ikan 

SEKADAU, suaraborneo.id - Bupati Sekadau, Rupinus hadiri panen ikan kelompok tani (Poktan) Sumber Makmur Desa Rirang Jati Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Senin (21/9).


Camat Nanga Taman, Paulus Ugang dalam DKP3 sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Sekadau berserta rombongan pada kegiatan panen ikan Poktan Sumber Makmur Desa Rirang Jati. 


"Terimakasih kepada pemerintah daerah melalui dinas Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Sekadau yang sudah memberikan bimbingan dan binaan kepada petani kami," ucapnya. 


Hal lain, Paulus Ugang juga menyampaikan bahwa di bidang kesehatan, Kecamatan Nanga Taman sudah 8 desa sudah deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan. 


"Jadi, sisa 5 desa lagi yang belum ODF. Tahun 2021 semua desa di Kecamatan Nanga Taman harus sudah ODF semua," kata Paulus Ugang. 


Kepala Dinas DKP3, Sandae mengatakan, di tahun 2020 Januari - September kurang lebih 50 ribu bibit ikan yang dibantu kepada kelompok tani.


"Besok akan saya akan berikan bantuan 20 ribu bibit ikan kepada kelompok tani di desa Sunsong," katanya. 


"Kami sangat berterima kasih kepada kelompok tani yang komitmen meningkatkan produksi panen. Selamat kepada kelompok tani Sumber Makmur yang sudah panen ikan pada hari ini," ucap Sandae. 


Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutan singkatnya mengatakan, mengucapkan terimakasih kepada kelompok tani Sumber Makmur yang sudah mengundangnya dalam rangka panen ikan. 


"Terkait susahnya pakan ikan, di Kabupaten Sekadau, kedepan kita Kabupaten Sekadau akan produksi pakan ikan sendiri. 


Bupati Sekadau berpesan kepada Kepala Dinas DKP3 agar apa yang diperlukan oleh para petani diantaranya Alsintan, pupuk dan bibit unggul supaya diajukan dan dianggarkan.


"Kesulitan para petani tolong dicatat. 

Para kompok tani silakan koordinasi juga dengan petugas PPL dan kepala dinas terkait apa yang diperlukan. Selamat untuk Poktan Sumber Makmur, semoga semakin berkembang, bukan hanya ikan saja tetapi juga petani padi," ungkap Bupati Sekadau Rupinus. 


Selanjutnya, Bupati Sekadau, Rupinus didampingi Kepala Dinas DKP3, Sandae dan Camat Nanga Taman, Paulus Ugang melakukan panem ikan Nila dan Gurame  secara simbolis. 


Hadir dalam kegiatan ini, beberapa Kepala SKPD Pemkab Sekadau, Camat Sekadau Hulu, Kades Rirang Jati dan Beberapa Kades Kecamatan Nanga Taman lainnya, anggota Poktan dan undangan. (red) 


Share:
Komentar

Berita Terkini