-->

Jarot Resmikan Kuda Lumping Turonggo Wiakso Sido Dadi

Editor: Redaksi
Sebarkan:


SINTANG, suaraborneo.id - Sebagai wujud kepedulian terhadap adat istiadat, budaya dan seni yang ada di Kabupaten Sintang hari  ini Rabu,16/09/2020 siang,  Bupati Sintang  Jarot Winarno melaksanakan Peresmian (Gebyakan) Kuda Lumping Turonggo Wiakso Sido Dadi di Dusun Sungai Malaban Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk. 


Dihadapan ribuan masyarakat dusun Sungai Malaban dan Dusun Mentimut yang hadir menyaksikan Peresmian Kuda Lumping Turonggo Wiakso Sido Dadi, Bupati Sintang  Jarot Winarno mengatakan bahwa  membangun itu harus membangun manusia setutuhnya, jadi jalannya dibangun, sekolah serta kesehatannya dibangun tetapi jiwanya  juga harus dibangun, yaitu melalui seni budaya. 


“tadi kita saksikan penampilan Kuda Lumping Turonggo Wiakso Sido Dadi yang dimainkan para anak muda itu merupakan, penampilan perdananya, tetapi telah menunjukan semangat tarian yang sangat bagus dan luar biasa  walaupun baru dibentuk," ujarnya. 


"dengan penampilan tarian yang telah ditampilkan tadi, saya sebagai bupati Sintang sangat bangga, dan mudah-mudahan akan terus berkembang sejajar dengan kelompok  kesenian yang lain didaerah ini, sehingga akan mendukung dan mendorong pembangunan pariwisata kita dan tentunya saya sangat mendukung dibentuknya kelompok kudalumping ini dan tentunya juga akan saya perhatikan dalam pembinaannya, seperti kesenian  masyarakat lainnnya yaitu  kesenian melayu, kesenian Dayak, kesenian Jawa barat, kesenian Barongsai, serta kesenian lainnya yang ada di bumi senentang ini," tambah Jarot. 


Kepala Dusun Sungai Malaban, Bambang Sutrisna mengatakan, dengan dibentuknya Kelompok Kuda Lumping Turonggo Wiyakso Sido Dadi yang telah diprakarsai bersama masyarakat Dusun Sungai Malaban dan Dusun Mentimut ini, diharapkan bisa lebih  mempererat talisilaturahmi. 


”tidak memandang suku, agama tapi bersatu dalam kesenian, dan kita berharap peran Pemerintah Daerah, selalu memberikan pembinaan dan dukungannya," kata Bambang Sutrisna. (hms) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini