-->

Perkumpulan Ayoung Tao Ketungau Gelar Acara Pemberkatan Benih

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Acara pemberkatan benih 
SEKADAU, suaraborneo.id - Perkumpulan Ayoung Tao Ketungau Kabupaten Sekadau menyelenggarakan acara Pemberkatan Benih. Acara pemberkatan benih ini bersamaan dengan acara Ngumpan Benih yang dilaksanan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau, (11/7).

Pemberkatan benih atau ngumpan benih ini merupakan adat tradisional suku Dayak di Kabupaten Sekadau sejak dahulu. Kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahunnya yang biasa disebut Gawai Nyapat Tahun. 

Ketua Perkumpulan Ayoung Tao Ketungau Kabupaten Sekadau, Drs. Paulus Subarno, M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan adat tradisional atau meruoakan tradisi suku Dayak Ketungau.

"Pemberkatan Benih atau Ngumpan Benih ini merupakan adat dan tradisi kita sejak dulu dan sampai sekarang masih kita lakukan setiap tahun," kata Subarno yang juga Anggota DPRD Sekadau Fraksi Partai Hanura kepada suaraborneo.id, Senin (13/7).

Ia mengatakan, Pemberkatan Benih ini diikuti oleh semua sub suku Ketungau yang ada di Kabupaten Sekadau. 

Subarno menambahkan, berkaitan dengan pandemi Covid-19, maka Kegiatan Gawai Dayak belum bisa dilakukan, sehingga dengan acara Pemberkatan Benih atau Ngumpan Benih yang dilakukan secara sederhana ini, dianggap sebagai pengganti Gawai Dayak yang biasa dilakukan setiap tahun di Kabupaten Sekadau. (red) 

Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini