Yodi: Kita Ingin Anggaran Untuk Covid-19 Tepat Sasaran

Editor: Redaksi
Yodi Setiawan 
SEKADAU, suaraborneo.id - Ketua fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sekadau, Yodi Setiawan meminta penggunaan anggaran penanganan Covid-19 supaya tepat sasaran.

"Kita tahu, di setiap Rumah sakit, Puskesmas, atau klinik sangat membutuhkan alat pelindung diri (APD) sesuai standar. Namun, kita juga ingin anggaran tersebut digunakan dengan tepat. Termasuk untuk pengadaan alat rapid test yang juga sangat diperlukan," kata Yodi (10/4).

Yodi Setiawan, yang juga ketua komisi II DPRD Sekadau mendukung agar pandemi Covid-19 dapat tertangani dengan maksimal.

Namun, ia mengaku belum tahu secara jelas  anggaran yang dipergunakan untuk persiapan penanganan Covid-19. 

"Saya belum tahu pos anggaran mana yang digeser pihak TAPD eksekutif. Kami di DPRD tetap punya fungsi pengawasan terhadap setiap anggaran yang ada di dalam APBD. Baik itu dana hibah atau bantuan sosial," ungkapnya. 

"Kami berhak untuk mengingatkan eksekutif jika bantuan ataupun anggaran yang di peruntukkan tidak sesuai dengan kebutuhan," tambah politisi muda Gerindra ini. 

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau (Sekda) H. Zakaria Umar menjelaskan, pemerintah kabupaten (Pemkab) Sekadau melakukan refocusing anggaran APBD untuk membiayai penanganan bidang kesehatan,  penanganan dampak ekonomi, dan penanganan social safety need untuk penanganan Covid-19.

"Anggaran untuk tiga hal tersebut diatas sebesar Rp13,8 Miliar," jelas Zakaria.

"Mekanismenye, sesuai dengan Perppu pengganti UU nomor 1 tahun 2020 dan Inpres nomor 20 tahun 2020. Sumber pergeseran DID bidang Kesehatan, DAK non fisik kesehatan,  pergeseran kegiatan bagian, SKPD dan BTT," tambah Zakaria.

Waktu yang berbeda, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengatakan, terkait dana untuk penanganan Covid-19, sudah dijelaskan secara rinci oleh Pak Sekda Zakaria. 

"Pak Sekda kan sebagai ketua TAPD, yang berkaitan dengan anggaran dan lain sebagainya," ujar Aloysius via akun WhatsApp-nya, Sabtu (11/4) pagi.

Aloysius mengatakan, secara detail penggunaan anggaran akan d jelaskan oleh ketua Gugus tugas Covid-19. 

"Sudah ada aturan secara jelas dan detail mengenai anggaran yang dialokasikan tersebut. Dan ini akan di sampaikan dalam rapat dengan tim anggaran DPRD/Banggar," pungkas Aloysius. (red)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini