Cegah Covid-19, Kecamatan Belitang Siapkan Pos Pintu Masuk

Editor: Redaksi
Foto: istimewa 
SEKADAU, suaraborneo.id - Dalam mencegah dan memutus mata rantai penularan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kecamatan Belitang, Gugus Tugas penanganan percepatan Copid-19 mengambil berbagai langkah. 

"Kami intensif menjaga orang luar yang masuk ke Kecamatan Belitang, salah satunya dengan adanya Pos gugus tugas Covid-19," kata Camat Belitang, Hermansyah kepada suaraborneo.id Sabtu (25/4).

Herman mengatakan, sebelum masuk Kecamatan Belitang akan dihadapkan dengan Pos penjagaan pintu masuk (Pos gugus tugas Covid-19). Petugas Posko akan minta keterangan data org tersebut dan dilakukan pemeriksaan suhu badan dengan alat termometer tembak. Apabila masuk desa, juga akan berhadapan dengan Pos jaga Covid-19 desa masing-masing. 

"Data akan diminta dan langkah akan diambil apabila data tersebut ternyata dari daerah pandemi, tentunya org tersebut akan menjadi ODP (orang dalam pemantauan) dan diwajibkan mengisolasi diri di rumah selama 14 hari yang selalu dipantau oleh tim kesehatan," jelas Herman. 

Selain itu kata dia, gugus tugas Copid-19 Belitang juga rutin melaksanakan patroli bersama Polsek, Koramil dan Pol PP kecamatan dan Linmas untuk memantau apakah ada kerumunan masa baik siang maupun malam. 

"Physical Distancing selalu kami sosialisasi dan kami terapkan di Belitang. Perilaku hidup bersih dan sehat tidak akan bosan bosannya kami sosialisasikan," pungkasnya. 

"Saya sebagai ketua gugus tugas Covid-19 kecamatan Belitang juga selalu mengimbau kepada seluruh masyarakat Belitang, mari taati semua instruksi, imbauan dan larangan dari pemerintah. Kita jangan lengah dan jangan main-main dengan virus corona ini virus ini sangat mudah penyebarannya dan sangat sulit mengobatinya. Jadi hal yang paling utama adalah mencegah. Saya yakin masyarakat Belitang sudah sadar akan hal ini, tentunya kami akan bekerja keras untuk membuat Belitang terhindar dari virus ini," ujar Camat Belitang. 

"Satu lagi saya mengimbau kepada masyarakat Belitang untuk sama-sama menjaga tolerasi umat beragama, hormati umat muslim yang saat ini sedang berpuasa di hari kedua. Mari bersama-sama berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan keyakinan masing-masing, semoga Belitang terhindar dari bencana dan semoga virus corona ini cepat lenyap dari muka bumi ini," harap ketua gugus tugas Copid-19 Kecamatan Belitang, Hermansyah. (red)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini