DAD Kebupaten LandaK Keluar Surat Edaran Untuk DAD Kecamatan Terkait Ritual Tolak Bala

Editor: suaraborneo.id author photo
LANDAK, suaraborneo.id - Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Landak mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk DAD kecamatan se-kabupaten Landak menyikapi situasi dan perkembangan akibat merebaknya bencana penularan Virus Corona / Covid-19 di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Khususnya di Kabupaten Landak, sesuai dengan hasil rapat Dewan Adat Dayak Kabupaten Landak, Timanggong Binua Landak dan sejumlah ketua-ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan se-kabupaten Landak pada hari Kamis tanggal 19 Maret 2020, di Ngabang.

Menurut sekretaris DAD kabupaten Landak Marsianus, S.IP. M.Si, beberapa hal yang disampaikan, yaitu :

1. pelaksanaan upacara ritual adat diatur oleh DAD kabupaten Landak dalam bentuk ritual Tolak Bala yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 22 Maret 2020, pukul 15:00 wiba di rumah Radakng Aya Landak, Komplek Stadion Patah Gumantar.

Bagi Dewan Adat Dayak Kecamatan upacara ritual adatnya dilaksanakan boleh dalam bentuk Tolak Bala, Balala Bapantang, sesuai dengan Keyakinan serta kesepakatan bersama masyarakat Adat setempat yang bertujuan untuk meminta perlindungan kepada Jubata Tuhan Yang Maha Esa.

2. Acara Naik Dango ke XXXV di Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah ditunda sampai situasi dinyatakan  mmsampa'sntuasidinyatakan aman oleh pemerintah.

3. Diminta untuk tidak melakukan kegiatan keramaian. pasar malam. Gawe Baroah. Bapoar. Tahun Baru Padi. Naik Dango Kampokng supaya ditunda pelaksanaannya sampai situasi dinyatakan aman oleh pemerintah.

4. Melakukan koordinasi dengan aparat pemerintah di kecamatan masing-masing dalam rangka pencegahan dan peningkatan kewaspadaan masyarakat terhadap penyebaran Virus Corona/Covid-19.

5. Jika terdapat warga dilingkungan sekitarnya ada yang sakit memiliki gejala Covid-19 agar segera melaporkan kepada petugas kesehatan di PUSKESMAS atau di Rumah Sakit terdekat.

" Demikian Surat Edaran ini disampaikan. untuk dapat dilaksanakan dan dipatuhi sebagaimana mestinya," terang Marsianus.

Penulis : Anton
Editor  : Asmuni

Share:
Komentar

Berita Terkini