Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono Resmikan Jembatan Rangka Baja Silat Hulu

Editor: Redaksi
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan gantung rangka baja Ensilat, Kec Silat Hulu 
KAPUAS HULU, suaraborneo.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan gantung rangka baja Ensilat, Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (13/2/’20) siang.

Tiba di lokasi peresmian jembatan, Menteri PUPR bersama rombongan yang meliputi Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir disambut menggunakan tarian dan adat setempat disertai pancung buluh muda.

Dalam sambutannya, Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur memang menjadi skala prioritas oleh pemerintah, tidak hanya bangunan jalan tol, bangunan besar namun pemerintah pusat juga memperhatikan jembatan gantung salah satunya jembatan Ensilat di Kapuas Hulu.

Selain jembatan gantung Ensilat, pemerintah pusat juga akan menyelesaikan pembangunan jalan antara Badau Puring Kencana sepanjang 25 kilometer yang akan dikerjakan pada tahun 2020 ini serta ditargetkan selesai pada tahun 2021 mendatang.

“Untuk pembangunan jalan antara Nanga Badau dan Puring Kencana sudah dilelangkan tahun ini, mudah-mudahan kita kerjakan dan kita selesaikan tahun 2020-2021 ini selesai dan pasti selesai 25 kilometer,” ujar Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono saat menyampaikan sambutan.

Basuki Hadimuljono menambahkan, Pembangunan Indonesia dari perbatasan terus dilakukan seperti pengerjaan 11 PLBN termasuk yang ada di Jagoi Babang dan Sungai Kelik yang mulai di kerjakan tahun ini dapat memperlancar perekonomaian di perbatasan.

“Mudah-mudahan apa yang kami kerjakan ini dapat bermanfaat untuk masyrakat di Kapuas Hulu,” harapnya.

Ia pun menyarankan, jika ada pembangunan yang dibutuhkan masyarakat Kalimantan Barat yang menjadi kewenangan Kementerian PUPR, agar bisa disampaikan melalui komisi V DPR RI.

“Mumpung ada putra terbaik di Kalimantan Barat ini, pak Lasarus di komisi V DPR RI, sebagai Ketua Komisi V DPR RI ini mempunyai kewenangan dan tanggungjawab terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus menyampaikan upacapan terima kasih atas pembangunan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada Kalbar, khususnya Kapuas Hulu.

“Ini jembatan Jokowi namanya pak, kita terima kasih kepada pak Presiden Jokowi, beliau bikin program jembatan ini, dan kami di komisi lima menyalurkan dan tentunya pak Basuki di PUPR yang mengangarkan di kementerian, maka hadirlah jembatan ini,” kata Lasarus.

Lasarus mengatakan pembangunan jembatan serupa ada dua di Kapuas Hulu, dimana selain di Silat Hulu juga terdapat di Nanga Raung yang pengerjaannya sudah selesai.

“Atas nama masyarakat, pak menteri saya ucapkan terimakasih atas pembangunan ini, dan kami titip bangunan ini dijaga baik-baik,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa tahun ini juga akan dibangun 3 (tiga) jembatan serupa di Kapuas Hulu, salah satu lokasinya di Nanga Tuan Bunut, sementara dua lokasi lainnya akan disepakati bersama bupati. 

Selain meresmikan jembatan Ensalit, di hari yang sama Menteri PUPR juga turut meresmikan Rusun Seminari Menengah ST Yohanes Maria Vianney, Rusun STT Imanuel Sintang dan Rusun RSUD Ade Mohammad Djoen Kabupaten Sintang serta dilanjutkan dengan peninjauan rusun. (TS).

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini