MABT Kalbar Gelar Caoffe Morning Lintas Etnis

Editor: Redaksi
Acara Coffee Morning 
PONTIANAK, suaraborneo.id - Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Provinsi Kalbar menggelar Acara Coffe Morning di Rumah Adat Melayu Kalbar, Kamis (27/2) pagi.

Acara Coffe Morning dikemas dalam balutan Silaturahmi rutin untuk memperkokoh persatuan dan toleransi antar suku di wilayah Kalbar dengan mengusung tema "Dengan Semangat Persaudaraan, Kita Rawat Kebhinnekaan dan Kelestarian Lingkungan di Bumi Khatulistiwa".

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan berpesan agar semua masyarakat yang terwakili dalam Paguyuban yang ada di Provinsi Kalbar ini agar tetap menjaga Kebhinekaan dalam Merawat Persaudaraan yang sudah terbangun dengan baik. 

"Coffee Morning ini jadi ajang bagi kita untuk saling menghormati satu sama yang lain," pesan Ria Norsan saat memberikan sambutan pada Acara Coffee Morning MABT Kalbar di Rumah Adat Melayu Kalbar.

Kemudian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar juga menyambut baik acara Coffee Morning oleh MABT Kalbar. 

"Acara ini untuk merawat Persatuan dan Kesatuan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika," jelasnya. 

Dikatakannya, perbedaan baik suku, ras  agama, bukan menjadi penghalang tapi harus menjadi pemersatu. 

"Perbedaan itu haruams menjadi kekuatan dalam sebuah persaudaraan. Kita membangun persaudaraan dari sebuah perbedaan," ingatnya.

Mantan Bupati Mempawah lalu mencontohkan, bahwa sejarah Provinsi Kalbar tentang keberagamaan itu ada di Makam Juang Mandor, karena disana, semua suku, etnis, agama ada do satu liang lahat. 

"Kakek Santyoso Tio dan Arie Candra bersama ribuan kerangka ada di Makamkan di Makam Juang Mandor, itulah persatuan dan kesatuan kita. Mari kita bersatu membangun Provinsi Kalbar ini," pesannya seraya mengajak. 

Sementara itu, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad berharap kepada Paguyuban yang telah tumbuh dan berkembang di Provinsi Kalbar agar terus dipertahankan dan menjadi modal dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Provinsi lain di Indonesia beluma ada Paguyuban seperti yang ada di Provinsi Kalbar ini," kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Dikatakannya, dengan semangat Kebudayaan yang sudah terbangun akan menjadi Simbol dalam menyatukan Etnis di Provinsi Kalbar ini. 

"Budaya menjadi Kolaborasi menyatukan semua etnis di Kalbar. 

Koordinator Paguyuban Merah Putih Kalbar Jakius Sinyor menyambut baik Coffee Morning yang dilaksanakan oleh MABT Kalbar sebagai ajang Silaturrahmi bagi semua etnis yang ada di Provinsi Kalbar. 

"Kalua kita semua sudah bersatu, akan menjadi Kekuatan untuk kita," kata Jakius Sinyor.

Koordinator MABT Kalbar Sutadi mengatakan bahwa Coffee Morning ini dilaksanakan dalam rangka untuk membangun silaturrahmi lintas Etnis di Provinsi Kalbar. (TS).
Share:
Komentar

Berita Terkini