-->

Kapolres Sekadau Coffee Morning Bersama Instansi Pemerintah dan Pimpinan Perusahaan

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Kegiatan Coffee Morning 
SEKADAU, suaraborneo.id - Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala., S.I.K., S.H., M.H., menggelar Coffe Morning yang dihadiri instansi pemerintah dan pimpinan perusahaan se- Kabupaten Sekadau, Selasa (25/2/2020).

Coffee Morning digelar di aula Mapolres Sekadau, mengusung tema "Dalam Rangka Menciptakan Kabupaten Sekadau Bebas Asap dan Cipta Kondisi Pilkada Serentak Tahun 2020 Yang Aman, Damai dan Sejuk di Kabupaten Sekadau".

Dalam coffe morning ini, Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala bersama instansi pemerintah dan para pemimpin perusahaan perkebunan yang ada di kabupaten Sekadau membahas, mendiskusikan serta mengantisipasi kejadian Karhutla, yang notabene menjadi permasalahan setiap tahunnya.

Kapolres menyebutkan, bahwa berdasarkan data angka Karhutla dari tahun 2018 ke 2019 mengalami penurunan. Kendati demikian, akan diteliti lebih lanjut apakah titik hotspot terjadi di lokasi yang sama.

"Terkait Karhutla, saya melakukan sharing bersama jajaran Perwira mengenai titik Karhutla untuk meneliti titik hotspot di kabupaten Sekadau," terangnya.

"Bulan Februari kami mendapatkan arahan dari Presiden jika ada titik hotspot maka ada konsekuensi jabatan. Kapolres, Dandim di copot. Bahkan jika Karhutla semakin membesar Kapolda yang di copot," tegas Kapolres.

Setiap tahun, Karhutla di kabupaten Sekadau terjadi di Kecamatan yang sama, yakni Nanga taman, Nanga Mahap, dan juga setiap tahun ada masyarakat atau perusahaan yang diproses hukum.

Menyikapi hal ini pihak Kepolisian telah memerintahkan Bhabinkamtibmas dalam upaya penanggulangan Karhutla dengan merangkul secara langsung ke masyarakat melalui pemberian sosialisasi tentang larangan dan bahaya Karhutla. 

Kemudian arahan dari Kapolda Kalbar, adanya program Polisi Sahabat Petani untuk mencari solusi pertanian konvensional tanpa menimbulkan asap.

Hal lain yang menjadi pokok pembahasan yakni terkait Pilkada serentak yang mana tahun ini kabupaten Sekadau juga akan melaksanakan Pilkada.

Kapolres menegaskan situasi Politik seperti ini rawan dipolarisasi dan dipolitisir. Terlebih jika adanya PHK karyawan pada saat momentum Pilkada akan rawan dipolitisir.

Berkaitan dengan hal itu, Kepolisian sudah meminta perusahaan agar tidak melakukan PHK. Kapolres juga meminta seluruh instansi pemerintah maupun swasta untuk ikut bersinergi mendinginkan suhu politik dan meredam berita hoax maupun isu SARA.

Kegiatan Coffee Morning kemudian dilanjutkan dengan dialog dari berbagai pihak, serta foto bersama. (hms)

Editor: Asmuni
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini