Sekda Hadiri Safari Natal ASN Pemkab Sintang

Editor: Redaksi
safari Natal ASN Pemkab Sintang  di Kapel Dusun Belungai, Desa Semuntai, Kecamatan Sepauk
SINTANG, suaraborneo.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah  memimpin pelaksanaan safari Natal Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang bertempat di Kapel Dusun Belungai, Desa Semuntai, Kecamatan Sepauk,  Kamis 9 Januari 2020. Kedatangan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang dan rombongan disambut dengan tarian yang dibawakan anak-anak Dusun Belungai. Safari Natal diawali dengan misa yang dipimpin Pastor Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk Romo Jacques Chapuis, OMI. 

Usai dilaksanakannya misa, Sekda Kabupaten Sintang  menyampaikan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa umat di sini tidak pernah dikunjungi sehingga pihaknya memutuskan untuk melakukan safari natal ke Stasi Belungai. 

“Pemkab Sintang sudah memberikan bantuan dana untuk pembangunan gereja di Dusun Belungai ini dan saya dengar akan dibangun dengan ukuran 7 x 12 meter. Silakan dibangun fisik gerejanya. Dan saya mau mengingatkan agar partisipasi umat dan kekompakan umat sangat penting. Kami berharap aktivitas keagamaan umat Katolik di sini semakin aktif. Dan jangan menunggu kunjungan pastor. Ketua umat harus aktif. Dan umat juga mau terlibat aktif," pesan Yosepha.

“Saya juga mau mengingatkan bahwa Kabupaten Sintang ini akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 324 desa pada Oktober 2020. Selain itu, juga Pilkada Kabupaten Sintang. Jangan sampai terjadi konflik dan gesekan. Jaga keamanan dan ketertiban menyambut pesta demokrasi,” pesannya lagi. 

“Saya juga mengajak umat untuk bersama sama mengatasi stunting. Jaga asupan gizi ibu hamil dan bayi sejak 1000 hari dan sejak kandungan. Sehingga bayi bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan tumbuh sesuai usianya. Saya juga mengajak ibu-ibu untuk menjaga anak-anak supaya tidak selalu menggunakan handphone untuk menjaga kesehatan mata dan psikologis anak-anak kita,” tambah Sekda Sintang.

Awet, Pengurus Regio 3 Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk menyampaikan, Kapel Stasi Belungai yang dibangun tahun 1982 waktu transmigrasi masuk ke Dusun Belungai Desa Semuntai Kecamatan Sepauk. Sejak dibangun belum ada dilakukan rehab bangunan utama. Hanya ada rehab bagian dalamnya saja. Regio 3 terdiri dari 11 Stasi. Umat Katolik di Dusun Belungai memang sedikit. 

"Namun kami mendukung agar aktivitas umat disini juga aktif dan gereja katolik Stasi Belungai difungsikan. Terimakasih atas kunjungan tim safari natal ini," ucap Awet.

Pastor Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk Romo Jacques Chapuis, OMI juga mengatakan mendukung agar gereja ini difungsikan untuk kegiatan regio. 

“Kunjungan ini sebagai penyemangat bagi kami dan dalam pembangunan gereja dan pengembangan umat disini, khususnya  keberadaan umat Katolik di Belungai ditengah umat agama lain di desa ini. Di Desa Semuntai ini ada 4 stasi. Semoga kita bisa semakin kuat dan berkembang,” harap Romo Jacques Chapuis, OMI.

Yosef Sudianto, Panitia Safari Natal ASN Pemkab Sintang menjelaskan bahwa umat Katolik di Desa Semuntai sudah menunjukan kekompakan dengan hadir bersama di acara safari natal tersebut. 

“Terimakasih kepada ASN yang sudah hadir di desa ini untuk memberikan dukungan kepada umat di Stasi ini. Terimakasih kekompakan dan kebersamaan umat disini. Gunakan Kapel ini untuk berbagai kegiatan. Terimakasih bantuan umat lain untuk mensukseskan kegiatan safari natal ini. Kunjungan kita ini diharapkan bisa membantu umat di desa Semuntai Kecamatan Sepauk,” terang Yosef Sudianto. (hms)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini