Natal Oikumene Sub Suku Undau Sintang

Editor: Redaksi
Bupati Sintang, Jarot Winarno (baju putih) saat menghadiri Natal Oikumene Sub Suku Undau 
SINTANG, suaraborneo.id - Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri acara perayaan Natal Oikumene Sub Suku Undau Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Kayan Hilir di GKII Pintu Elok Merahau, Desa Merahau Permai, Kecamatan Kayan Hulu, Minggu (26/1/2020) sore. 

Dalam sambutannya, Bupati Sintang Jarot Winarno berpesan, melalui moment Natal Oikumene ini, masyarakat di Desa Merahau Permai untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Seperti atau ibarat warna pelangi yang beragam. Bahwa keberagaman dan perbedaan itu suatu keindahan.

"Karena kalau pelangi warnanya cuman merah saja tidak bagus, warna kuning saja juga tidak bagus, warna biru saja juga nda bagus. Makanya warna pelangi itu beragam barulah  bagus," ujarnya. 

Jarot menyampaikan bahwa hidup di Indonesia ini patut di syukuri meskipun memliki 17 ribu lebih pulau-pulau, 1.340 suku bangsa, 740 lebih bahasa namun sampai hari ini bahkan sampai kapanpun Indenesia tetap bersatu dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. 

"Coba lihat di daerah/negara lain di dunia ini, ada yang sama warna kulit, bahkan agamanya sama, bahkan sukunya juga sama, pecah menjadi berbagai negara bahkan ada yang sedang bertikai hingga saat ini," paparnya. 

Untuk itulah Jarot mengingatkan kembali pesan atau tema natal yakni. "hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang". Melalui tema tersebut persatuan dan kesatuan dalam kebergaman itu tetap harus terjaga, sehingga rasa persahabatan dalam keberagaman itu menjadi modal saling hidup berdampingan satu dengan yang lainnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Santosa juga mengajak hal sama, agar masyarakat secara khusus di Desa Merahau Permai  selalu menjaga persatuan dan kesatuan terlebih di Merahau ini juga hidup keberagaman dan jika ada permasalah yang terjadi selesaikan dengan musyawarah mupakat yang merupakan jari diri bangsa Indonesia.

"Saya selaku perwakilan masyarakat yang pastinya selaku bersedia dan selalu ada menerima keluhan atau apapun itu yang ingin di sampaikan masyarakat, karena itu juga merupakan tanggung jawab kami selaku perwakilan rakyat," papar Santosa.

Ketua Panitia kegiatan Oikumene Natal Sub Suku Undah, Romundus mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang yang hadir langsung pada acara tersebut, sehingga bisa langsung bertemu dan melihat langsung kondisi masyarakat di Desa Merahau ini secara khusus.

"Kami yang hadir di sini sub suku Undau dari berbagai desa yang ada di Kayan Hulu dan Kayan Hilir, kebetulan tahun ini gereja kami menjadi tuan rumah. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga silaturrahmi kami sesama sub suku undah yang memang jarang bertemu. Moment Natal Oikumene inilah kesempatannya, "ungkap Romundus.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Sintang Santosa, unsur Forkopimcam Kayan Hulu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (hms)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini