Ops Lilin Kapuas 2019 Polda Kalbar

Editor: Redaksi
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono saat diwawancarai wartawan usai apel gelar pasukan  
PONTIANAK, suaraborneo.id - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Lilin Kapuas 2019 yang turut dihadiri jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar,  di Alun Alun Kapuas Pontianak, Kamis (19/12). 

Operasi Kepolisian Lilin Kapuas 2019 digelar untuk mengamankan perayaan Natal 2019 dan menyambut Tahun Baru 2020. Sebanyak 2.772 personel gabungan dilibatkan dalam pengamanan ini.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono mengungkapkan, bahwa Operasi Lilin Kapuas 2019 akan dilaksanakan selama 10 hari dimulai dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2020.

“Operasi Lilin Kapuas merupakan operasi terpusat yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, dimulai dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2020. Ini dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru, ” kata Irjen Pol Didi Haryono.

Ia menambahkan, bahwa total personel yang dilibatkan sebanyak 2.772 yang terdiri dari 1.440 personel Polri dan 1.332 dari lintas instansi.

“Dalam operasi kemanusia dengan sandi Ops Lilin Kapuas ini, kita juga melibatkan banyak instansi baik dari TNI, Dinas Perhubungan, Pol PP, tenaga kesehatan, dan lain lain,” ujarnya. 

Selain itu, Irjen Pol Didi Haryono juga mengatakan, bahwa sudah melakukan pemetaan untuk objek pengamanan. Sebanyak 883 Objek yang terdiri dari 669 gereja, 5 Bandara, 24 terminal 74 objek wisata dan 111 pusat perbelanjaan akan menjadi fokus pengamanan selama perayaan dan natal dan tahun baru.

Selain itu, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat nantinya akan terpadat pos stasioner dan mobile yang akan beroperasi selama Ops lilin yaitu 60 Pos terdiri dari 35 Pos Pengamanan, 23 Pos Pelayanan dan 2 Pos terpadu.

Sementara itu, Sekda Kalbar AL Leysandri berharap, pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dilaksanakan oleh Personel TNI-Polri ini yang tergabung dalam Apel Pasukan Operasi Lilin dapat berjalan aman. 

"Kami berharap, sinergitas TNI-Polri ini dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru," harap AL Leysandri, usai menghadiri Apel Gelar Pasukan di Taman Alun Kapuas. 

Mantan Sekda Sanggau ini menambahkan, bahwa sebelumnya Pemprov Kalbar juga sudah melakukan Rapat Koordinasi terkait kesiapan Pemprov Kalbar dalam merayakan natal dan Tahun baru. 

"Stok pangan di Kalbar masih mencukupi dan Stok Kalbar masih aman," jelasnya. (ts)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini