-->

DPPKP Landak Gelar Koordinasi Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Kegiatan pertemuan koordinasi kewaspadaan pangan dan gizi di aula DPPKP Landak
LANDAK, suaraborneo.id - untuk memberikan informasi secara berkesinambungan tentang situasi pangan dan gizi suatu wilayah khususnya di Kabupaten Landak, Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Ketahanan Pangan kabupaten Landak mengadakan Pertemuan Koordinasi Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG), di aula DPPKP, Kamis (5/12/2019).

Pertemuan Koordinasi ini dibuka oleh Plt. Kepala DPPKP Alpius, dan dihadiri oleh Kepala bidang Ketahanan pangan DPPKP, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Perwakilan DSPMPD Kabupaten Landak, Perwakilan BPS Kabupaten Landak dan Seluruh Kepala BP2K yang ada di Kabupaten Landak.

Alpius, mengatakan undang-undang nomor 18 Tahun 2012 disebutkan bahwa ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk hidup sehat, aktif dan priduktif secara berkelanjutan.

"Seperti diketahui konsep ketahanan pangan dan gizi dibagun berdasarkan atas tiga pilar ketahanan pangan yaitu ketersediaan pangan, akses pangan dan pemanfaatan pangan," ujar Alpius.

Alpius juga menjelaskan informasi SKPG dapat dimanfaatkan sebagai bahan rekomendasi pengambilan keputusan dalam bentuk intervensi jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Intervensi atau tindakan jangka pendek merupakan tindakan darurat antara lain seperti operasi pasar, bantuan pangan, kegiatan padat karya atau hasil analisis situasi dan kedalaman permasalahan yang dihadapi.

" Intervensi atau tindakan jangka panjang dapat berupa perumusan kebijakan, perencanaan ataupun prigram-program perbaikan infrastruktur, irigasi, tranfortasi untuk peningkatan akses fisik pangan," Jelas Alpius.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPPKP Kabupaten Landak Regina Maria Bali, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiata ini diadakan untuk memberikan informasi secara berkesinambungan tentang situasi pangan dan gizi suatu wilayah khususnya di Kabupaten Landak.

"Ruang lingkup kegiatan SKPG ini pada dasarnya bersifat simuktan yang dilaksanakan dalam suatu kerangka waktu tertentu yang mekedepankan pebtingnya menemukan isyarat dini agar alternative intervensi yang relevan dan dilaksanakan tepat waktu," ujar Regina.

Penulis AP
Editor Asmuni
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini