Pemilihan Gege Meimei Sekadau Digelar 4 September

Editor: Redaksi

Gege Meimei Kabupaten Sekadau 
SEKADAU, suaraborneo.id - Yayasan Gege Meimei Indonesia (YGMI) Kalimantan Barat akan gelar pemilihan Gege Meimei tahun 2020 mendatang. Pemilihan Gege Meimei ini diikuti oleh seluruh Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat. 

Untuk di Kabupaten Sekadau, Semifinal Gege Meimei akan digelar pada tanggal 4 September 2019 di terminal Lawang Kuari Kabupaten Sekadau. Acara dimulai pukul 13.30 Wiba. 

Selvilim, penasehat yang juga angkatan pertama Gege Meimei Kabupaten Sekadau 2016 menuturkan, sudah 10 tahun diadakan di Kalbar. Kabupaten Sekadau sudah 4 tahun berturut-turut mengikuti Gege Meimei ini. 

Tahun ini pemilihan Gege Meimei dilakukan dengan sistem yang berbeda, dengan melakukan pemilihan se-Kabupaten dengan cara terbuka. "Sebelumnya kita audisi dengan ruangan tertutup kemudian ada bulan bhakti dengan melakukan program-program kerja seperti pada bulan Agustus melakukan pembagian bendera dan srbagainya. Peserta yang masih bertahan akan kita kirim ke Pontianak," jelasnya. 

Selvilim menyebut, Tim Juri pemilihan Gege Meimei Kabupaten Sekadau terdiri dari Putri Indonesia 2016, Cornelia meilinda betsyeba, Djong On Tet, guru bahasa mandarin sekaligus kepala bidang kebudayaan MABT Sekadau, Risya amelia Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Pariwisata Kabupaten Sekadau, Selvilim Meimei pertama Kabupaten Sekadau, sekaligus juara harapan Gege Meimei Kalimantan Barat. 

"Untuk kali ini hanya satu pasang per daerah. Kita pilih langsung di sekadau (kabupaten)," bebernya, Senin (2/9/19) malam. 

Tahun 2017 sambungnya, Gege Meimei Kabupaten Sekadau pernah juara 1 tahun 2017. Tetapi selama mengikuti Gege Meimei, Kabupaten Sekadau selalu masuk 6 besar se-Kalbar. 
Luis Gonsales, Mentor sekaligus ketua pelaksana pemilihan Gege Meimei Kabupaten Sekadau menyampaikan, Gege Meimei Kabupaten Sekadau sudah di karantina sejak tanggal 1 - 3 September. Malam panggung atau Semi finalnya tanggal 4 September 2019 mendatang. 

Gege Meimei ini adalah pencarian Duta. Setiap tahun diadakan sejak 10 tahun lalu yang diadakan oleh Yayasan Gege Meimei Indonesia (YGMI). "Namun yayasan ini hanya ada di Kalimantan Barat saja. Mungkin kedepan akan jadi yayasan nasional," ucapnya. 

Tahun ini kata dia, kita melakukan pemilihan. Bagi pemenang (1 pasang) akan kita kirim ke Pontianak untuk mewakili Gege Meimei Kabupaten Sekadau. 

"Ada 6 peserta Gege Meimei Kabupaten Sekadau tahun ini," ujar Luis. 

Julianto (Ateng), Sekretaris Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sekadau menyebut, pemilihan Gege Meimei ini termasuk kegiatan MABT. Karna 
anggarannya juga sebagian dari MABT, 
selain dari YGMI Kalbar. 

Gege Meimei ini kata dia, bukan hanya mencari bakat saja, namun juga untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat Tionghoa. Selain itu, juga ada kegiatan lain seperti kegiatan Bhakti sosial seperti, membagikan bendera, membagikan balon dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 kemarin. (red/as) 

Share:
Komentar

Berita Terkini