NasDem Sekadau Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Editor: Redaksi
SEKADAU, suaraborneo.id - Partai NasDem membuka pendaftaran penjaringan bagi para bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Pilkada periode 2020-2025. Pendaftaran dibuka dimulai tanggal 23 September - 23 Oktober 2019. 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Sekadau, Teguh Arif Hardianto mengatakan, Pembukaan pendaftaran  penjaringan dan verifikasi penetapan bagi calon kepala daerah dan Wakil kepala daerah sesuai dengan instruksi PO DPP nomor 006/IX/2019. 

"Pendaftaran akan dibuka mulai besok pagi  pukul 9.00 - 15.00 Wib di Sekretariat DPD Partai NasDem jalan Sekadau-Sintang depan RSUD Sekadau. Ini sesuai instruksi DPP tentang Pilkada serentak," ujarnya. 

Teguh mengatakan, partai NasDem terbuka untuk umum. Silakan bagi putra/putri terbaik Kabupaten Sekadau untuk siap di usung oleh partai NasDem. "Untuk itu, kami mengajak bagi putra/putri terbaik yang ingin mengabdi bagi Kabupaten Sekadau, ayo mengikuti pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Sekadau 2020," imbaunya. 


Kemudian lanjutnya, sesuai dengan petunjuk dan peraturan organisasi, tentu partai NasDem punya persyaratan-persyaratan dalam penjaringan untuk calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Ada persyaratan umum dan persyaratan khusus. 

"Persyaratan umum adalah, setiap calon itu tentu berketuhanan Yang Maha Esa, setia kepada Pancasila dan UUD 45 serta NKRI, mempunyai komitmen yang kuat dalam membangun daerahnya. Sedangkan persyaratan khusus adalah, calon itu dilihat dari populeritas, elektabilitas dan yang penting lagi calon itu mempunyai kemampuan untuk memobilisasi dukungan logistik," jelas Teguh. 

Ia mengatakan, formulir yang sudah diambil supaya diisi dan dikembalikan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Karna pada tanggal 24 - 31 Oktober adalah pemaparan visi misi dan strategi para calon. Setelah itu DPD akan melakukan rapat pleno tentang 3 nama, baik itu sebagai calon kepala daerah maupun sebagai wakil kepala daerah. Dari hasil pleno itu akan disampaikan ke DPW partai NasDem Provinsi Kalimantan Barat yang selanjutnya akan disampaikan ke DPP. 

"Keputusan ada pada pusat. Kami hanya menjalankan instruksi dari DPP dan hanya menentukan serta merekomendasikan nama-nama yang menurut kami layak dan pantas untuk memimpin Kabupaten Sekadau," ujarnya. 

Selain itu kata Teguh, partai NasDem juga menginginkan kader-kadernya untuk tampil dalam pesta demokrasi. NasDem sangat mendukung jika ada kader yang ingin maju dalam pesta demokrasi. Tentunya harus memenuhi syarat mutlak yang sudah ditetapkan. 

Soal koalisi kata dia, sudah tentu partai NasDem akan berkoalisi dengan partai lain karna NasDem Kabupaten Sekadau hanya memiliki 3 kursi di DPRD. Tentu akan berkoalisi dengan partai yang visi misinya sama dengan partai NasDem yang mempunyai komitmen untuk membangun Kabupaten Sekadau. 

Penulis: Tim liputan 
Editor: Asmuni 

Share:
Komentar

Berita Terkini