Danyon 642 Kapuas Anjangsana ke Panti Asuhan Cahaya Purnama

Editor: Redaksi
Komandan Batalyon 642 Kapuas  Mayor Inf. Condro  Edi Wibowo saat Anjangsana ke Panti Asuhan Cahaya Purnama Sungai Ukoi Sintang 
SINTANG, suaraborneo.id - Komandan Batalyon 642 Kapuas  Mayor Inf. Condro  Edi Wibowo memimpin rombongan melakukan anjangsana dan silaturahmi ke Panti Asuhan Cahaya Purnama Desa Sungai Ukoi Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang Kalbar, Selasa (13/8/2019).

Anjangsana dilaksanakan dalam rangka berbagi kasih dan semangat Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Tahun 2019. Rombongan disambut Ketua Yayasan Cahaya Sintang dan 17 anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan Cahaya Purnama Sungai Ukoi.

Danyon 642 Kapuas, Mayor Inf. Condro Edi Wibowo menyampaikan, anjangsana ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. Pemda, TNI, Polri, Instansi vertikal, dan Perbankan melakukan anjangsana dan silaturahmi. "Kami ingin berbincang-bincang dan berbagi dengan anak-anak panti asuhan. Kepada anak-anak di panti asuhan, kalian tidak sendiri.  Tetapi ada orangtua kalian di sini. Termasuk Pemkab Sintang juga adalah orang tua kalian,” kata Condro Edi Wibowo.

“Pesan saya, kalian harus punya cita-cita. Terus belajar dengan baik. Patuhlah kepada pembina di sini. Merekalah orangtua kalian. Pelajaran tidak hanya dalam buku. Tetapi dalam keseharian kalian juga merupakan proses belajar. Anak-anak panti asuhan juga ke depannya bisa menjadi pegawai, anggota TNI POLRI,” pesan Condro Edi Wibowo. 
Heri Kiswanto, Ketua Yayasan Cahaya Sintang menyampaikan rasa senangnya karna adanya silaturrahmi seperti ini. “Bagi kami kunjungan ini istimewa.  Dulu saat kami memutuskan pindah ke Sungai Ukoi dengan harapan, pembinaan kepada anak-anak lebih mudah karna disinilah pusat kantor Yayasan. Sudah banyak anak-anak alumni Panti Asuhan Cahaya Purnama yang sudah tamat dari sini dan melanjutkan kuliah. Ada yang sudah berhasil jadi dokter,  bidan, dosen dan tinggal di Jakarta. Mereka alumni yang sudah sukses.  Meskipun Mereka tidak punya orang tua ternyata mereka bisa sukses. Kami juga senang bisa membantu Pemkab Sintang dalam mencerdaskan anak bangsa. Semua anak-anak Panti Asuhan disini berasal keluarga broken home dan tidak memiliki orangtua tetapi bertekad untuk sekolah tinggi. Kami anggap anak anak ini adalah  titipan Tuhan kepada kami. Dan mereka mau sekolah. Puji Tuhan hingga kini kami terus bertahan. Anak-anak disini paling banyak dari Sintang. Yang paling jauh dari Senaning,” terang Heri Kiswanto

Pembina Panti Asuhan Cahaya Purnama, Ibu Abandina Suri menjelaskan banyak anak-anak yang  mau masuk ke sini tapi kami tolak karna tidak mampu menampung mereka dan karna keterbatasan biaya kami. “Ditempat kami ini, mulai biaya makan, pakaian sekolah, pakaian sehari-hari meraka juga kami tanggung,” kata Abandina Suri. 

Panti Asuhan Cahaya Purnama berada dibawah naungan Yayasan Cahaya Sintang. Panti asuahan berdiri pada 2001 di Kampung Ladang. Kemudian 2008 pindah ke Sungai Ukoi. "Kami bahagia karna  dalam rangka HUT RI ke-74 tahun 2019 ini,  sudah dikunjungi. Dari 17 anak-anak disini berasal dari Sintang, Kapuas Hulu,  Melawi dan Sekadau. Mereka semua ingin meneruskan pendidikan. Kami menampung anak SD sampai SMA. Setelah itu kami kembalikan ke keluarga. Sehari hari kami hanya belajar saja. Dari 17 anak tersebut SMA 1 orang,  SMP 11  orang dan SD 5 orang," ujar Abandina Suri. 

Dalam anjangsana tersebut, Komandan Batalyon 642 Kapuas, Mayor Inf Condro Edi Wibowo menyerahkan bantuan dana yang dikumpulkan seluruh rombongan yang ikut dalam anjangsana. Sementara Inspektur Kabupaten Sintang Apolonaris Biong menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada salah satu anak yang tinggal di Panti Asuhan Cahaya Purnama. 

Sumber: Humas Pemkab Sintang 
Editor: Asmuni 

Share:
Komentar

Berita Terkini