-->

Jakarta Perkuat Posisi Sebagai Destinasi MICE di Ajang IT&CMA 2024 Bangkok

Editor: yati
Sebarkan:

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi dalam ajang bergengsi Incentive Travel & Convention Meeting Asia (IT&CMA) 2024.
Jakarta, Suaraborneo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi dalam ajang bergengsi Incentive Travel & Convention Meeting Asia (IT&CMA) 2024 yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 24 sampai 26 September 2024.


Acara ini dikenal sebagai pameran perdagangan terbesar khusus untuk Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di kawasan Asia Pasifik dan menjadi peluang penting bagi Jakarta untuk memperkuat image sebagai destinasi utama penyelenggaraan MICE.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, perpindahan ibu kota negara membawa tantangan baru bagi perekonomian Jakarta, terutama dalam mempertahankan posisinya sebagai pusat bisnis.

Maka itu, salah satu langkah strategis yang dapat diambil Jakarta adalah memperkuat industri Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

“Industri MICE memiliki potensi besar menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dengan mendatangkan kunjungan bisnis, memperluas jaringan usaha, serta meningkatkan investasi. Partisipasi dalam IT&CMA merupakan momentum yang sangat tepat bagi Jakarta untuk memperkuat posisinya sebagai destinasi MICE unggulan,” ujarnya, Senin (30/9).

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Helma Dahlia menyampaikan, IT&CMA 2024 kali ini menghadirkan lebih dari 600 eksibitor dan dihadiri oleh lebih dari 1.200 buyers dari berbagai belahan dunia.

Ia menilai, Jakarta dapat memperlihatkan kemampuan dan infrastrukturnya dalam menyelenggarakan event internasional berskala besar, sekaligus mempromosikan potensi kota dalam industri MICE dengan menghadiri ajang ini.

“Jakarta kali ini membawa tagline Jakarta Nice for MICE, dengan penguatan bahwa Jakarta menjadi kota terdepan yang siap dalam industri MICE dan siap bersaing dengan kota global lainnya,” katanya.

Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Parekraf DKI Jakarta, Sherly Yuliana menjelaskan, partisipasi Jakarta dalam IT&CMA memiliki potensi besar untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Jakarta.

Ia mengatakan, dengan memperkenalkan Jakarta sebagai destinasi MICE yang kompetitif di ajang internasional ini, kota ini dapat menarik lebih banyak penyelenggara acara, delegasi dan pelaku bisnis untuk mengadakan event di Jakarta.

Selain itu, efek domino dari meningkatnya jumlah event internasional yang diselenggarakan di Jakarta akan berdampak positif pada sektor perhotelan, transportasi, kuliner, serta destinasi wisata kota, sehingga turut meningkatkan kunjungan wisatawan leisure yang datang bersamaan dengan kegiatan MICE.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersinergi dengan sejumlah industri pariwisata dalam pameran IT&CMA 2024 yaitu, Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Jakarta Convention Center, Pan Pacific Jakarta, Panorama Destination, Pullman Jakarta Central Park, dan Wyndam Casablanca Jakarta.

“Kehadiran Jakarta di IT&CMA juga membuka peluang untuk memperluas promosi pariwisata, terutama wisata bisnis, yang dapat mendorong kedatangan wisatawan MICE,” tandasnya.

Sumber : Berita Jakarta 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini