Desa Mandor Kiru di Kecamatan Jelimpo Menerima Bantuan Benih Ikan Lele

Editor: Antonius
Sebarkan:

Pj Bupati kabupaten Landak menyerahkan bantuan benih ikan lele kepada desa Mandor Kiru kecamatan Jelimpo (foto kom)
LANDAK, suaraborneo.id - Desa Mandor Kiru, yang terletak di Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, menerima bantuan berupa benih ikan lele pada Kamis (04/07/2024). 

Bantuan tersebut diserahkan oleh Pj. Bupati Landak, Dr. Gutmen Nainggolan, dalam acara tebar 4500 benih ikan lele di desa tersebut.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Landak, Gutmen Nainggolan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam pengembangan sektor perikanan. Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan, khususnya di bidang perikanan, telah melaksanakan program peningkatan produksi perikanan budidaya.

"Dengan meningkatnya produksi perikanan budidaya setiap tahunnya, kita dapat memastikan ketersediaan ikan yang semakin bertambah dan dapat diakses dengan harga yang terjangkau," ujar Gutmen.

Gutmen juga menekankan bahwa bantuan ini bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan pelaku usaha perikanan serta meningkatkan ketersediaan protein hewani dari ikan. Pemerintah Kabupaten Landak memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana budidaya ikan, seperti benih ikan, pakan ikan, dan kolam terpal.

"Dengan mengkonsumsi ikan, kita juga dapat mengatasi masalah stunting. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa angka stunting di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 21,5%, Kabupaten Landak mencapai 19%. Target kami untuk tahun 2024 adalah menurunkan angka stunting menjadi 14%. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan gizi pada masa kehamilan dan kurangnya nutrisi selama pertumbuhan anak-anak," jelasnya.

Gutmen berharap bahwa selain menjaga ketersediaan pangan dari ikan, masyarakat juga bisa membiasakan diri mengkonsumsi ikan secara rutin. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Landak untuk memperkenalkan pola konsumsi sehari-hari yang mengandalkan bahan dasar ikan.

"Bagi penerima bantuan sarana dan prasarana budidaya perikanan, saya menghimbau agar merawat, menjaga, dan memaksimalkan pemanfaatan ikan tersebut. Semoga hal ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain dan juga menjadi tambahan penghasilan bagi rumah tangga mereka," harapnya.(Anton/ Kom)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini