PU Fraksi Partai Gerindra Terhadap RPJPD Kabupaten Sekadau Tahun 2025-2045

Editor: yati
Sebarkan:

Juru bicara Fraksi Gerindra, Harianto. (Foto:yt)
Sekadau kalbar, Suaraborneo.id – Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindera) menyampaikan Pemandangan Umum fraksinya pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sekadau dengan agenda mendengarkan Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sekadau terhadap Nota Pengantar Bupati Sekadau atas Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sekadau tahun 2025-2045 yang dilaksanakan di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sekadau. Rabu (12/6/2024).

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Sekadau, Handi, dengan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Radius Effendy, Wakil Ketua 2, Zainal dan 21 anggota DPRD lainnya juga di hadiri Plt. Sekretaris DPRD (Sekwan), Eko Sulistyo dihadiri oleh Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Hironimus, Forkopimda, Kepala SKPD dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Juru bicara Fraksi Gerindra, Harianto, mengatakan bahwa Fraksi Partai Gerindra memahami bahwa RPJPD merupakan penjabaran visi misi dan program kepala daerah yang disusun dengan berpedoman dan memperhatikan aturan dan mekanisme yang berlaku. RPJPD itu sendiri merupakan pedoman dalam menyusun Renstra SKPD dan dalam pelaksanaannya RPJMD kemudian dijadikan tolak ukur dalam Rencana Kerja Pembangunan Tahunan Daerah atau RKPD.

"Fraksi Gerindra menekankan bahwa penyusunan dan penetapan RPJPD merupakan implementasi nyata dari kewenangan dan tanggung jawab yang dimiliki daerah beserta masyarakatnya dalam menentukan arah dan kebijakan pembangunan daerah pendelegasian kewenangan tersebut juga diikuti dengan pengaturan pembiayaan sebagaimana tertuang dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku, mengingat bahwa RPJPD merupakan dokumen perencanaan strategis yang didalamnya berisi penelaahan permasalahan masyarakat Kabupaten Sekadau disertai dengan pemecahan permasalahan secara terpadu," ungkapnya.

"Maka untuk itu Fraksi Gerindra meminta agar Pemda memperhatikan keinginan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Sekadau termasuk melibatkan partisipasi segenap komponen masyarakat guna mendukung pembangunan Kabupaten Sekadau," tambahnya.

"Kami mengharapkan suatu kerjasama yang baik dari pemerintah daerah dalam memberikan jawaban maupun penjelasan lebih lanjut termasuk kendala yang ada sebagai bagian dari upaya penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahan maupun pelaksanaan pembangunan," pungkasnya. (yt)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini