Momen Harlah Pancasila: Dewan ini Mengajak untuk Mempedomani Nilai-Nilai Pancasila

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi partai Hari Nurani Rakyat (Hanura. Foto:as
Sekadau, Kalbar||Suara Borneo - Setiap tanggal 1 Juni 2024, Bangsa Indonesi memperingati Hari Lahir Pancasila. Kita ketahui saat itu  Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Beranjak dari Peringatan Hari lahir Pancasila pada tahun 2024 ini, anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi partai Hari Nurani Rakyat (Hanura) pun mengajak untuk menyimak arti dan maksud dari tema itu.

“Maksud dari tema tersebut bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya,” kata Abun Tono kepada Suaraborneo.id, Sabtu (1/6/2024).

“Sebagai sebuah bangsa yang majemuk, kita patut bersyukur karena Pancasila dan nilai-nilai yang dikandung di dalamnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita para pendiri negara kita Indonesia dahulu,” imbuhnya.

Abun menjelaskan bahwa di dalam Pancasila itu sendiri ada terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong-royong. Dengan keberagaman yang ada lanjut dia, itulah yang dinamakan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pada Momen Hari lahir Pncasila ini saya mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajaknya

Ia mengajak semua lapisan masyarakat Indonesia khusunya di Kabupaten Sekadau untuk menjiwai dan mempedomani serta menghayati nilai-nilai Pancasila.

“Mari kita sama-sama menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari, menjadikan nilai Pancasila sebagai pedoman dalam kita bertindak dan berperilaku serta   terapkan nilai-nilai Pancasila di dalam dunia pendidikan. Selamat Hari Lahir Pancasila tahun 2024,” ucap Abun Tono seraya menutup statemennya. (red)

 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini