Selamat Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Radius Effendy. (Foto:as)
Sekadau||Suara Borneo - Setiap tanggal 20 Mei Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Tahun 2024 ini Harkitnas jatuh pada hari Senin tanggal 20 Mei. Harkitnas ini merupakan perayaan untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan negara pasca penjajahan. Tema Harkitnas ke-116 tahun 2024 ini adalah “Bangkit Untuk Indonesia Emas”.

Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Radius Effendy mengatakan, Harkitnas yang diperingati setiap tanggal 20 Mei merupakan hari yang sangat penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Harkitnas lanjut dia, menandai awal dari bangkitnya kesadaran nasional dan semangat perjuangan untuk membebaskan diri dari penjajahan.

”Karena pada hari ini, kita mengenang berdirinya Organisasi Budi Utomo tahun 1908 yang merupakan titik awal dari pergerakan nasional Indonesia menuju kemerdekaan,” kata Radius Effendy kepada Media ini Senin (20/5/2024).

Pergerakan nasional di Indonesia, yang berlangsung pada awal abad ke-20 hingga kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, mengandung berbagai nilai yang penting dan berkontribusi terhadap pembentukan identitas nasional serta perjuangan untuk kemerdekaan. Beberapa nilai utama yang terkandung dalam pergerakan nasional adalah; Patriotisme dan Nasionalisme, Kesatuan dan Persatuan, Kerakyatan dan Demokrasi, Keadilan Sosial, Keberanian dan Pengorbanan, Pendidikan dan Pengetahuan, Gotong Royong dan Solidaritas dan Kemandirian.

Nilai-nilai ini menjadi landasan yang kuat dalam perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia dan terus relevan dalam membangun bangsa yang merdeka dan berdaulat.

“Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional,” ucap Radius Effendy mengakhiri statemennya. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini