KPU Kabupaten Landak Gelar Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Landak Tahun 2024

Editor: Antonius
Sebarkan:

Foto bersama para peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil Bupati Landak tahun 2024 (foto Antonius)
LANDAK, suaraborneo.id - KPU Kabupaten Landak menggelar acara peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Landak untuk tahun 2024. 

Ketua KPU kabupaten Landak Lisanto 
Acara ini dilaksanakan di aula kantor bupati Landak pada Kamis 30 Mei 2024 dan dihadiri oleh PJ Bupati Landak Dr Gutmen Nainggolan, SH.M.Hum., jajaran Forkompinda, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Landak, Lisanto, menyatakan bahwa keberhasilan pelaksanaan pemilihan kepala daerah dapat dinilai dari tingkat partisipasi pemilih yang datang di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemilihan kepala daerah, termasuk bupati dan wakil bupati, akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 telah dimulai, dengan tahapan perekrutan badan ad hoc yang telah selesai dilaksanakan. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan penyusunan dan pemutakhiran data pemilih yang akan dimulai pada bulan Juni. Setelah itu, tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon akan dilaksanakan.

Kemudian pada tanggal 27 hingga 29 Agustus, KPU di seluruh Indonesia akan membuka pendaftaran pasangan calon untuk bupati, wakil bupati, gubernur, wakil gubernur, walikota, dan wakil walikota. 

"Setelah calon ditetapkan pada tanggal 22 September, akan dilaksanakan masa kampanye dari September hingga November. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November 2024.," kata Lisanto.

PJ Bupati Landak, Dr Gutmen Nainggolan, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan secara langsung dan demokratis. Pemilihan merupakan salah satu perwujudan dari pelaksanaan demokrasi, di mana masyarakat memilih pemimpinnya baik di tingkat pusat maupun di daerah. 

"Tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan adalah salah satu tolak ukur untuk menilai keberhasilan pemilihan, karena semakin tinggi partisipasi tersebut, semakin legitimasi hasil pemilihan tersebut," katanya.

Gutmen menekankan peran penting KPU dalam proses pemilihan kepala daerah, mulai dari pendaftaran hingga penghitungan suara. KPU harus melaksanakan seluruh tahapannya dengan baik, dan ia berharap anggota KPU Kabupaten Landak beserta jajarannya dapat bekerja dengan cermat, akurat, dan profesional.

Ia juga berharap bahwa pemilihan kepala daerah di Kabupaten Landak akan menghasilkan pemimpin yang mampu meneruskan pembangunan di kabupaten tersebut. 

"Dengan demikian, nama Kabupaten Landak dapat dianggap dan sejajar dengan kabupaten/kota lain di Indonesia serta membawa kemajuan bagi daerah ini," harap Gutmen Nainggolan.(Anton)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini