-->

Pasca Ritual Adat Sambut Kunjungan Presiden, Ketua DAD: Hari ini Kita Mengembalikan Mereka ke Tempat Asalnya

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Ritual adat penutup pada hari ketiga pasca penyambutan kunjungan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo ke Kabupaten Sekadau. Foto:ist
Sekadau, Kalbar||Suara Borneo - Hari ketiga, pasca Ritual Adat mengundang, pamit, kepada para Petara atau para penunggu tanah, bumi dan langit, dalam rangka menyambut kunjungan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo ke Kabupaten Sekadau, hari ini, Sabtu (23/3/2024) sore, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau melaksanakan ritual adat kembali untuk mengembalikan mereka yang telah diundang pada saat ritual adat sebelumya.

Kegiatan Ritual ini juga dihadiri Bupati Sekadau, Aron, beberapa Panitia penyambutan kedatangan Presiden RI Joko Widodo, beberapa pengurus DAD dan sesepuh/tokoh adat.

“Hari ini, hari ketiga dimana kemarin dalam rangka menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo kita selaku masyarakat adat, DAD kemarin telah melaksanakan ritual adat untuk mengundang para Petara atau para orang tua yang menunggu tanah bumi dan langit, pada hari ini kita mengembalikan mereka,” kata Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam kepada Suaraborneo.id

“Mereka sudah kita panggil dan permisi kepada mereka bahwa ada orang nomor satu di Negara Republik Indonesia (Presiden) mau datang ke Sekadau, kita harus pamit, mengundang mereka untuk membantu menjaga situasi, menjaga alam, menjaga udara supaya semuanya baik-baik saja,” imbuhnya

“Hari ini kita memulangkan mereka supaya mereka kembali kepada asalnya, kita sampaikan bahwa kegiatan kemarin sudah selesai, kita berterimakasih kepada mereka telah membantu kita sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” jelas Jepray Raja Tugam yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Demokrat Dapil 3 Belitang.

Pada kesempatan ini Jefray juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau atas peranserta masyarakat.

“Yang pertama membantu keamanan, ketertiban, sportif bahkan antusias menyambut kedatangan Pak Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sekadau. Ada beberapa yang sudah kita usulkan kepada Pak Presiden atau pemerintah pusat kita berharap supaya bisa terkabulkan salah satunya pembangunan jembatan sungai kapuas di Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir,” pungkasnya. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini