Temu Gaok Peryaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 Rukun Ayung Mualang Sekadau

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Temu Gaok Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 Rukun Ayung Mualang Kabupaten Sekadau. Foto:as
Sekadau,Kalbar||SB – Rukun Ayung Mualang (RAM) Kabupaten Sekadau menggelar Temu Gaok Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan Tema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi (Lukas 2 : 14)” yang diselenggarakan di Gedung Kateketik Jalan Merdeka Selatan (Jalan Rawak) Sabtu (13/1/2024).

Pemimpin Liturgi atau pembawa acara pada Ibadah Perayaan Natal dan Tahun Baru RAM ini oleh Fran Dawal dan Renungan Natal oleh Pastor Kristianto,Pr. Perayaan Natal ini diisi dengan pujian natal dan tarian-tarian.

Saat menyampaikan renungan natal, Pastor Kristianto mengatakan bahwa natal adalah suatu pesta iman yang sangat penting karena menandakat secara nyata kehadiran Tuhan ditengah-tengah umat-Nya.

“Sehingga dengan demikian Allah berkomunikasi dengan kita dalam pribadi-pribadi manusia,” ujarnya

“Allah turun kedunia menjelma menjadi manusia atau serupa dengan manusia untuk menebus dosa kita. Damai Sejahtera di bumi bagi orang yang percaya,” terang Pastor Kristianto, Pr.

Laporan ketua Panitia, Hendro Lusianus Santoso menyampaikan bahwa dana yang digunakan untuk perayaan natal dan tahun baru RAM adalah partisipasi dari semua warga RAM yang ada di Kabupaten Sekadau.

“Untuk itu saya mewakili teman-teman panitia menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua warga Rukun Ayung Mualang yang telah menyumbangkan dana, tenaga dan pikiran untuk menyukseskan acara kita pada malam hari ini,” ungkap Hendro.

Di tempat yang sama, Ketua RAM yang diwakili oleh Sekretaris, Radius mengatakan, kepengurusan Rukun Yung Mualang sudah berakhir sejak tahun 2020 yang lalu. Namun demikian lanjut dia, bukan berarti kegiatan yang dilakukan oleh RAM itu diluar ketentuan karena ketika berakhir masa kepengurusan, dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga pasal 15 ayat 2 disebutkan bahwa Dewan Pembina berwenang mengeluarkan suatu surat yang menyatakan bahwa kepengurusan dapat terus berjalan dari tahun ke tahun sepanjang belum dilakukan pemilihan pengurus baru.

Pada kesempatan ini, Radius mengatakan bahwa Rukun Ayung Mualang adalah perkumpulan Sub Suku Dayak Mualang, salah satu suku Dayak yang mendiami wilayah Kabupaten Sekadau yang menmepati wilayah kecamatan Belitang Hilir sekitar 21 ribu penduduk, Belitang, 11-12 ribu penduduk, dan Belitang Hulu kurang lebih 16 ribu penduduk.

“Rukun Ayung Mualang adalah perkumpulan para sub suku  yang merantau ke kota atau ke daerah lainnya, baik yang berada di Sekadau ini maupun di daerah lainnya. Kami adalah sebuah perkumpulan sosial atau paguyuban yang memiliki kegiatan-kegiatan sosial untuk meningkatkan keakraban dan silaturahmi diantara sesama warga perkumpulan dan aktif bersama-sama paguyuban yang ada untuk bersama-sama membangun Dewan Adat Dayak (DAD) yang ada ditempat masing-masing,” jelas Radius.

Terakhir, Bupati Sekadau, Aron, pada awal sambutannya mengucapkan selamat natal dan tahun baru kepada seluruh keluarga besar Rukun Ayung Mualang yang ada di kabupaten Sekadau maupun diluar kabupaten Sekadau.

“Semoga damai dan kasih natal selalu Bersama-sama dalam keluarga kita dan kabupaten Sekadau secara khususnya, dan tentu menjadi harapan kita bersama sesuai tema natal tahun ini, kemuliaan bagi Allah dan damai sejahtera di bumi, damai dan Sejahtera hadir dalam keluarga kita masing-masing, semoga ditahun 2024 ini apa yang menjadi harapan dan impian kita dikabulakn oleh Tuhan,” ungkapnya

Bupati menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau  mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pengurus Rukun Ayung Mualang dan warganya yang selama ini telah membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau.

“Di waktu yang terbatas ini kami memfokuskan program-program pembangunan untuk masyarakat kita yang ada di kabupaten Sekadau dan secara khusus di tiga kecamatan Belitang 2 tahun terakhir ini kita mengalokasikan program yang cukup besar untuk memperbaiki ruas jalan antar kecamatan yang sekarang ini bisa dinikmati oleh masyarakat di tiga kecamatan Belitang dan mudah-mudahan tahun ini juga kami akan mendapatkan program lagi mendapatkan lanjutannya kembali dan kami sedang berusaha,” imbuhnya

Bupati menyampaikan bahwa jumlah sub suku terbesar di Kabupaten Sekadau adalah Rukun Ayung Mualang.

“Oleh karena itu saya berharap kepada bapak ibu semua agar apa yang menjadi harapan kami terutama mewujudkan kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat dimasa yang akan datang bisa tercapai,” harap Aron menutup sambutannya. (red)

 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini