Bupati Fransiskus Diaan hadiri Prosesi Upacara Pamindara Bukit Bai Sampe

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan saat menghadiri prosesi upacara Pamindara Pataunan Bukit Bai Sampe di Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan. Foto:ist
Kapuas Hulu,  Kalbar - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri prosesi upacara Pamindara Pataunan Bukit Bai Sampe di Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Kamis (18/01/2024).

Bupati Kapuas Hulu menegaskan bahwa Bukit Bai Sampe dan Betang Lunsa Hilir dapat menjadi satu paket wisata yang menarik.

"Terkait pamindara pataunan Bukit Bai Sampe, menurut saya ini menarik sekali. Saya berharap tempat ini dijaga dan dilestarikan. Ini bisa jadi objek wisata, sepaket dengan Betang Lunsa Hilir," kataa Bupati 

Bupati Kapuas Hulu yang akrab disapa Bang Sis ini menyampaikan bahwa untuk membuat pariwisata lebih baik, diperlukan dukungan masyarakat.

"Terutama para penghuni betang, mereka harus membangun mindset yang membuka diri untuk wisatawan, kemudian mengemas budaya yang ada, kerajinan yang ada untuk dijual kepada pengunjung," tegasnya.

Ditempat yang sama, Kades Urang Unsa, Thomas, juga mengatakan bahwa Pamindara Pataunan Bukit Bai Sampe merupakan wujud ucapan terima kasih kepada Iyang Suka atau Allah Tala.

"Sebelum adanya agama, masyarakat menyembah suci, dengan cara pemberian sesajen atau pamindara. Dengan harapan masyarakat dapat kebaikan dijauhkan dari sakit," tuntasnya. (prokopim/fd)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini