Guru SMP di Kota Pontianak Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Digital

Editor: Antonius
Sebarkan:

Foto bersama setelah mengikuti pelatihan Karya tulis ilmiah (foto Novi Andriati.)
PONTIANAK, suaraborneo.id -  sebanyak 26 orang guru dari SMPN 22 kota Pontianak mengikuti pelatihan Karya Tulis Ilmiah berbasis digital, yang dilaksanakan oleh Dosen Prodi BK IKIP PGRI Pontianak di Aula SMPN 22 Kota Pontianak sejak bulan Mei sampai 11 Juli 2023.

Kegiatan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh beberapa Dosen, yang diketuai oleh Amelia Atika, M.Pd, dan 5 anggota yang terdiri dari: Dr Hastiani, M.Pd, Martin, M.Pd, Novi Wahyu Hidayati, M.Psi, Novi Andriati, M.Pd dan Hendrik, M.Pd.

Para Guru mengikuti pelatihan 
Dosen Prodi BK IKIP PGRI Pontianak  Novi Andriati, M.Pd, menyampaikan kegiatan PKM merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, dimana kegiatan tersebut digunakan oleh Civitas Akademika IKIP PGRI Pontianak untuk menunjukkan peran aktifnya dalam pembangunan pada wilayah Kalimantan Barat.

 Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pelatihan kepada guru tentang cara melakukan penelitian, serta mempublikasikan penelitian tersebut secara online. 

Kegiatan ini berupa penyuluhan tentang bagaimana peserta dapat melaksanakan penelitian menggunakan “Mendeley” untuk membuat daftar pustaka dan mengecek tingkat plagiarism menggunakan “Turnitin”, serta mempublikasikan hasil penelitian tersebut baik melalui prosiding maupun jurnal nasional terakreditasi. 

" Peserta dilatih untuk langsung mempraktikan dalam menggunakan Mendeley, Turnitin dan memasukkan naskah berupa artikel ke jurnal yang diinginkan oleh peserta," tutur Novi Andriati.M.Pd  

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan, peserta aktif dalam mengikuti kegiatan, sehingga di akhir kegiatan, peserta sudah memiliki sebuah artikel untuk dipublikasikan dalam jurnal sesuai dengan bidang studi yang diampuh masing-masing guru.  

Penulis : Novi Andriati.M.Pd.

Editor : Antonius 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini