73 Pejabat Pemkab Sintang Ikuti Tes Urin

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Tes urin pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Foto:prokopim 
Sintang Kalbar, SB - Sebanyak 73 Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang mengikuti pelaksanaan Tes Urin, di Balai Praja Kantor Bupati Sintang Jumat, (23 Juni 2023).

Pelaksanaan tes urin dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh, diikuti beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah, Sekretaris dan Kepala Bidang. Satu per satu pejabat tersebut mengisi absen, ambil pot urin, ke toilet dan mengembalikan pot yang sudah terisi urin kepada petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sintang. 

Asisten Administrasi Umum dr. Harisinto Linoh menyampaikan ,tes urin bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang ini merupakan pelaksanaan dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

“Pemkab Sintang bekerjasama dengan BNN Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan deteksi dini berupa tes urin kepada pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Sintang. Ini bukan untuk mencari-cari apakah ada ASN yang menggunakan narkoba, tetapi untuk pencegahan,” kata dr. Harisinto Linoh

“Seharusnya ada 32 kepala OPD yang hadir. Namun banyak yang berhalangan hadir karena sedang bertugas di luar kota. Terima kasih kepada pejabat yang sudah mau hadir di sini dan mengikuti tes urin,” ujarnya. 

“Apabila peserta tes urin ada yang tadi malam mengkonsumsi obat rutin tolong disampaikan kepada petugas BNN, karena akan mempengaruhi hasil tes urin. Contohnya obat flu, obat tidur dan penghilang rasa sakit itu bisa menghasilkan tes urin yang positif. Supaya tidak menimbulkan pemikiran yang aneh-aneh,”  tambahnya. 

Harisinto mengatakan kegiatan ini bentuk dukungan Pemkab Sintang dalam program pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sintang. 

Inspektur Kabupaten Sintang, Ardatin usai mengikuti tes urin menyampaikan dukunganya atas kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Maka saya bawa 4 orang Inspektur pembantu yang ada di Inspektorat Kabupaten Sintang untuk ikuti tes urin ini. Ini baik untuk pencegahan dan deteksi dini,” pungkasnya. (prokopim) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini