-->

Pesta Ba'Roah Mengundang Masyarakat Sekitar

Editor: Antonius
Sebarkan:

Acara ritual adat Ba'roah (foto Sirus)
LANDAK, suaraborneo.id  - masyarakat Dayak di kecamatan Sengah Temila kabupaten Landak Kalimantan Barat, mengadakan pesta panen padi (Ba'Roah) pada hari Minggu 14 Mei 2023.

Pantauan media ini masyarakat yang mengadakan Roah, diantaranya masyarakat Dusun Serimbang, Dusun Bagarong Mekar Desa Senakin, desa Gombang, dan wilayah desa Sidas.

Ba'Roah dilaksanakan setiap tahun yang merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Jubata (Sang pencipta) atas hasil panen padi yang berlimpah dan berkah yang diberikan.

" Sehari sebelum Ba'Roah dilaksanakan terlebih dahulu ritual adat dengan membawa tangkai padi ke Panyugu (ngincakng tangkeatn ka' Panyugu/Padagi) oleh masyarakat setempat, yang dipimpin oleh Pamangko' Tahutn (Tetua Adat) Dusun setempat," ungkap salah satu warga Serimbang Sirus, Sabtu (13/05/2023)

Sirus mengatakan, Panyugu atau Padagi, merupakan tempat yang sakral atau keramat yang disucikan dan dipercaya oleh masyarakat Dusun Serimbang dan Bagarong sebagai tempat untuk upacara adat setempat.

Disamping itu dalam memeriahkan Ba'Roah ini dusun Serimbang dan dusun Bagarong Mekar mengadakan turnamen bola voli putra dan putri yang telah terselenggara beberapa Minggu yang lalu.

Seluruh masyarakat dusun Serimbang dan Bagarong Mekar mengundang seluruh masyarakat untuk menghadiri acara Ba'Roah (pesta panen padi) pada hari Minggu, 14 Mei 2023.

"Tradisi Ba'Roah (Pesta Panen) yang diadakan oleh masyarakat Serimbang dan Bagarong adalah salah satu cara menarik perhatian masyarakat luar dan dijadikan ajang untuk berkumpul secara bersilaturahmi antara keluarga," kata Sirus.

Selain itu Tradisi Ba'Roah ini merupakan salah satu warisan budaya yang telah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Serimbang dan Bagarong, dan sekarang pada tahun 2023 tetap dilaksanakan.

"Pada masa Pandemi COVID-19 dusun Serimbang dan dusun Bagarong tetap mengadakan ritual adat Ba'Roah, tetapi tidak saling mengunjungi dan diadakan di rumah masing-masing," tutup Sirus. (Anton)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini