-->

Pasundan Sanggau Gelar Ritual Adat Ruwatan Bumi

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Ritual Ruwatan Bumi Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau, Kamis (29/12/2022).
Sanggau Kalbar, suaraborneo.id - Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, menghadiri Ritual Ruwatan Bumi Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau, Kamis (29/12/2022).

Sebelum ritual berlangsung, Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot di arak sisinggaan atau Gotong Singa dari Kantor Dinas Pertanian Sanggau menuju Hotel Meldy tempat berlangsungnya ritual.

Usai acara ritual, Bupati Paolus Hadi mengatakan, Ritual Ruwatan menjadi agenda rutin dari Paguyuban Pasundan yang didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

"Iyaa saya lihat 2 tahun kita tidak melaksanakan bersama-sama dengan cukup ramai. Ya, hari ini kita mulai, saya kira ini terus bisa ditingkatkan kedepan," ucap Bupati.

Bupati Paolus Hadi menegaskan, selalu mendukung event-event adat dan budaya di Kabupaten Sanggau.

"Supaya kedepan bisa dilihat khalayak ramai, oleh orang-orang Sanggau. Mungkin dikemas dengan maksimal, terinformasi secara baik nanti. Mungkin nanti tempatnya juga mempuni orang bisa datang dan bisa menyaksikan," ujar Bupati.

Bupati Paolus Hadi menyakini, Paguyuban Pasundan sudah memikirkan supaya adat budaya sunda bisa dikenal masyarakat Sanggau.

"Mungkin bukan di zaman saya, harapan saya di zaman-zaman akan datang semakin berani mengeksplore kebudayaan Indonesia, itu mimpi Sanggau," ungkapnya.

Menurutnya kalau hanya melihat kebudayaan jangan melihat satu saja, tanpa melihat kebudayaan daerah luar.

"Nah harus kita juga mampu melihat budaya-budaya lain. Indonesia satu karena kita bhineka," pungkasnya. (bry) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini