-->

Pj. Bupati Landak Resmikan Kegiatan Pamsimas 2022 Desa Lamoanak Kecamatan Menjalin

Editor: Antonius
Sebarkan:

Kegiatan Pj Bupati peresmian Pamsimas ( foto kom) 
LANDAK, suaraborneo.id – Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si melakukan Serah Terima dan Peresmian Kegiatan Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Lamoanak, Kecamatan Menjalin. Selasa (08/11/2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Barat, Koordinator Provinsi dan Tenaga Ahli PAMSIMAS Kalimantan Barat, Inspektur Kab. Landak, Kepala Dinas PUPRPERA Kab. Landak, Kepala Dinas PMPD Kab. Landak, Bappeda Kab. Landak, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Landak, Tim Pokja PKP Kab. Landak, Tim Fasilitator PAMSIMAS Kab. Landak, Forkopimcam Menjalin, BPD Desa Lamoanak, Kepala SDN 27 Saledok, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan bahwa Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) telah menjadi salah satu program andalan nasional pemerintah dan pemerintah daerah untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas air minum yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

“Di Kabupaten Landak sejak tahun 2014 sampai tahun 2022 desa sasaran PAMSIMAS sudah mencapai 115 desa yang tersebar di 13 kecamatan,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel berharap keterlibatan langsung masyarakat salam proses pembangunan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap infrastruktur yang sudah terbangun sehingga masyarakat jugalah yang akan memelihara keberlanjutannya.

“Program PAMSIMAS Tahun 2022 yang dalam penyelenggaraan melibatkan pelaku di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan desa,” ucap Samuel.

Pj. Bupati Landak itu juga berharap hal ini dapat mendukung program pemerintah terutama yang berkaitan dengan intervensi penanganan stunting.

“Sebagian besar kegiatan PAMSIMAS ini melibatkan masyarakat dan diharapkan dapat menunjang capaian target 100% air minum dan sanitasi bagi seluruh masyarakat dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun,” tutur Samuel.

Tidak lupa Samuel berpesan agar sarana yang telah terbangun dapat dijaga dan dipelihara oleh masyarakat dan memberikan manfaat kepada khususnya di Desa Lamoanak ini.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Landak kedepannya tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan melalui program strategis di sektor penyediaan air minum dan sanitasi,” tutup Samuel.

Kegiatan dilanjutkan dengan serah terima kegiatan dan penandatanganan Berita Acara, Penandatanganan Prasasti serta Peresmian Kegiatan PAMSIMAS Desa Lamoanak. (Anton/kim) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini