-->

Kormi Sanggau Periode 2022 - 2026 Resmi Terbentuk

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ke-1 Kormi Kabupaten Sanggau. Foto:ist 
Sanggau Kalbar, suaraborneo.id - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Sanggau menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ke-1 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau, Libertus Toto Martono dan Wakil Ketua I Kormi Provinsi Kalimantan Barat, Yogo Mardi Widianto dan sejumlah pewarkilan komunitas olahraga rekreasi dan penggiat olahraga tradisional di Kabupaten Sanggau, Selasa, (22/11/2022).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau, Libertus Toto Martono mengatakan, musyarah Kabupaten Kormi  ke-1 ini bertujuan memilih ketua umum dan pengurus Kormi Kabupaten Sanggau periode 2022-2026.

Ia menjelaskan, sebagaimana amanat pasal 39 ayat 1 Undang-undang nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan menyebutkan bahwa pengelolaan olahraga nasional dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan dibantu oleh Komite Olahraga Nasional.

"Komite Olahraga Nasional sebagaimana dimaksud adalah pertama, Komite Olahraga Nasional Indonesia atau disingkat KONI sebagai induk organisasi olahraga yang mewadahi cabang olahraga prestasi. Kedua, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau disingkat KORMI sebagai induk olahraga cabang olahraga rekreasi atau olahraga masyarakat tradisional. Ketiga, National Paralympic Committee disingkat NPC sebagai induk organisasi olahraga yang mewadahi olahraga penyandang cacat atau atlit disabilitas," kata Libertus Toto Martono, Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau.

Sementara itu, Wakil Ketua I Kormi  Provinsi Kalimantan Barat, Yogo Mardi Widianto mengatakan, di Provinsi Kalimantan Barat pengurus Kormi sudah terbentuk di sembilan kabupaten dan Sanggau ini merupakan yang ke-10.

"Musyawarah ini adalah tonggak sejarah terbentuknya olahraga rekreasi masyarakat tradisional masyarakat khususnya di Kabupaten Sanggau dan Kalbar umumnya," ujarYogo Mardi Widianto.

Ia berharap, dengan hadirnya Kormi di Kabupaten Sanggau akan memperkuat sistem olahraga tradisional di Indonesia khususnya di Kabupaten Sanggau.

"Saya ucapkan selamat bermusyawarah, semoga musyawarah ini bisa menghasilkan ketua dan pengurus yang mampu mengemban amanah dan memajukan olahraga rekreasi masyarakat tradisional khususnya di Kabupaten Sanggau," pungkasnya berharap. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini