-->

Hari Sumpah Pemuda, Sutarmidji: Saya Yakin Pemuda di Kalbar akan Maju dan Berkembang

Editor: Asmuni
Sebarkan:
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 yang mengangkat tema "Bersatu Bangun Bangsa" yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Jumat (28/10/2022). Foto : adpim 
PONTIANAK
, Suaraborneo.id - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 yang mengangkat tema "Bersatu Bangun Bangsa" yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Jumat (28/10/2022). Terlihat Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar menggunakan pakaian telok belanga dan Sekretaris Daerah (Sekda) Prov Kalbar meggunakan baju khas jawa. Upacara tersebut tampak semarak karena seluruh para hadirin dan undangan umumnya mengenakan pakaian khas daerah. Memancarkan beragam warna yang menggambarkan kobaran semangat kepemudaan.

Peringatan Sumpah Pemuda adalah upaya dalam menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. 

Peringatan sumpah pemuda ini pada hakikatnya memberikan pembelajaran kepada semua untuk menyikapi berbagai perbedaan, primordial, suku, agama, kultur serta berbagai kepentingan untuk dikolaborasikan menjadi suatu kekuatan yang besar.

"Tema ini memberikan pesan mendalam bahwasanya bersatu padu adalah harga mati, yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, untuk menjadi kekuatan dalam pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia," kata Gubernur Sutarmidji membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali. 

"Tema ini menjadi perwujudan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan juga untuk dimasa yang akan datang.
Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh - sungguh membangun indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis dalam konteks lingkungan strategis yang selalu berubah," jelas Sutarmidji. 

Seusai acara, pada sesi wawancara orang nomor satu di kalbar ini menambahkan bahwa bangsa Indonesia akan menghadapi Generasi Indonesia Emas tahun 2045. Sutarmidji berpesan agar para pemuda untuk mengambil peran dan mempersiapkan diri, serta negara pun harus hadir dan turut andil menyiapkan dari aspek yang lain dalam menatap Indonesia Emas 2045 mendatang.

"Saya yakin khususnya pemuda di Kalimantan Barat, akan maju dan berkembang. Dimana saat ini bisa kita lihat bersama, banyak pemuda Kalbar yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," jelas Sutarmidji.

Ia menambahkan, agar semua lini mampu mengelola sumber daya yang ada, baik sumber daya alam maupun pengembangan sumber daya manusianya.

"Sumber daya alam di Kalbar ini melimpah. Harus dimanfaatkan dengan baik. Begitu juga dengan sumber daya manusianya harus berimbang. Sehingga semua lini harus kita kembangkan, tidak hanya parsial, harus menyeluruh pada segala aspek. Saya berpesan, pemuda Kalbar harus mampu menjawab kebutuhan ini, baik dari tenaga kerjanya maupun pemikirannya. Saya tidak mau nanti sumber daya alam kita habis,  sumber daya manusianya belum siap, hanya jadi penonton, sehingga kesejahteraan masyarakat Kalbar tidak tercapai," tegas Sutarmidji.

Kegiatan Ini turut dihadiri Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., Sekda Prov Kalbar dr. Harisson, M.Kes, Ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalbar Ny. Hj. Lismaryani,  Ketua DWP Priv Kalbar  yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Prov Kalbar Ny. Windy Prihastari, Forkopimda Prov Kalbar, Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Kalbar, Kepala Instansi Vertikal dan Perbankan, para tamu undangan baik dari organisasi masyarakat, organisasi pemuda, dan unsur lainnya. (adpim) 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini