-->

Rakor Kabupaten Tentang Regsosek, Mencatat untuk Membangun Negeri Satu Data

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kapuas Hulu "Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data". Foto:hmp
Kapuas Hulu Kalbar - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kapuas Hulu "Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data". Acara tersebut di selenggarakan di Aula Grand Banana Putussibau. Selasa (29/9/2022). 

Acara tersebut di hadiri oleh Nara Sumber BPS Provinsi Kalimantan Barat. Polres Kapuas Hulu, Kejari Putussibau, seluruh kepala OPD dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan seluruh Camat se-Kabupaten Kapuas Hulu. 

Sejalan dengan agenda strategi APBN 2023 yakni penguatan kualitas Sumber Daya Manusia unggul yang produktif, inovatif, dan berdaya saing melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sistem kesehatan (selaras dengan upaya peningkatan IPM Kalimantan Barat) serta akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial, maka kepada Badan Pusat Statistik diamanatkan tugas perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data registrasi sosial ekonomi (Regsosek). 

"Hal ini untuk menyempurnakan perlindungan sosial sepanjang hayat dan adaptif, subsidi tepat sasaran dan berbasis target penerima manfaat, serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem," jelas Wahyudi Hidayat. 

Wabup menjelaskan, dalam rangka transformasi data menuju registrasi sosial ekonomi (Regsosek) seluruh penduduk, akan dilakukan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data yang terintegrasi dan akurat. 

"Sehingga mulai tahun 2022, BPS sebagai pelaksana pendataan dan pemutakhiran DTKS akan melakukan pendataan registrasi sosial ekonomi dan menetapkan standarisasi kualitas pemutakhiran basis data seluruh penduduk berkelanjutan (mulai dari profil, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan)," jelas  Wahyudi Hidayat. 

"Sebelum Mengakhiri sambutan dan arahan ini, saya harapkan dukungan semua pihak, utamanya camat, Lurah/Kepala Desa untuk turut berperan aktif mendampingi kegiatan Regsosek sampai ke tingkat pemerintah desa sebagai kunci utama kesuksesan dengan mendukung serta mengawal pelaksanaan pendataan yang baik dan akurat agar mampu memberikan manfaat yang luas bagi pembangunan daerah di Kabupaten Kapuas Hulu dalam mewujudkan visi pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu,"tutupnya. (hmp) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini