-->


Telan Anggaran 2,9 Triliun, Pelabuhan Kijing Resmi Beroperasi

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Penekanan tombol sirine oleh Presiden RI, Joko Widodo 
Mempawah Kalbar, Suaraborneo.id - Pelabuhan Kijing Terminal Pontianak, di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan Prasasti, Selasa  (09/08/2022) pagi.

Presiden mengatakan, pelabuhan ini dibangun sejak tahun 2016 melalui APBN sebesar 2,9 trilun. Pelabuhan ini merupakan terbesar di pulau Kalimantan memiliki kapasitas 500 ribu teus dan 8 juta ton non peti kemas.

“Sangat besar sekali,” kata Presiden Jokowi.

Menurut presiden, kehadiran pelabuhan ini akan memperkuat daya saing produk ungulan yang dihasilkan oleh Kalbar, seperti CPO, Alumina, Bauksit dan produk lainnya sehingga dapat menghubungkan konektivitas antar pulau bahkan antar Negara.

“Jangan sampai investasi yang sangat besar ini tidak bisa memperkuat daya saing,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga akan memperlebas jalan menuju pelabuhan agar dapat memperlancar transportasi semua angkutan.

“Saya juga ingin dari pelabuhan ini ke Pontianak jalanya diperlebar. Ini pak menteri PU hadir, selesaikan sekalian,” pintanya.

Sementara terkait perubahan nama pelabuhan, dirinya meminta agar bisa diusulkan kepada pemerintah pusat dan presiden, karena pemerintah sangat terbuka dalam menerima aspirasi masyarakat. (TN)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini