Welbertus Mengajak Menjaga Lingkungan Sekitar dan Melestarikan Hutan

Sebarkan:

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, dari Fraksi PDI Perjuangan, Welbertus. 
SINTANG, Suaraborneo.id -  Hutan memiliki peran penting untuk kehidupan semua mahluk hidup yang ada di bumi. Hutan sangatlah penting untuk kelangsungan hidup manusia hewan, dan tumbuhan. Karna hutan menyediakan segalanya yang mahluk hidup butuhkan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, dari Fraksi PDI Perjuangan, Welbertus, mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sintang untuk selalu menjaga dan melestarikan hutan serta segala flora dan fauna yang ada di dalam hutan di Kabupaten Sintang. 

"Untuk menjaga hutan, tentu harus kita mulai dengan menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal kita terlebih dahulu, barulah secara bersama - sama kita menjaga hutan. Karna alam/ hutan adalah sumber oksigen yang alami serta baik untuk mahluk hidup bernafas dan mengirup udara dengan segar setiap harinya," kata Welbertus kepada media ini, Jum'at (17/6/2022). 

Hutan juga dapat di gunakan sebagai aset wisata. Karna di dalam hutan biasanya banyak tumbuhan dan hewan langka. Lalu di dalam hutan biasanya juga ada sungai yang jernih dan air terjun yang indah. 

"Nah aset - aset ini kan bisa menarik minat orang untuk berkunjung ke tempat kita. Baik orang dari luar Kabupaten, luar Provinsi, bahkan tidak menutup kemungkinan orang dari luar negara kita bisa kerkunjung ke Kabupaten Sintang ini," kata Welbertus. 

Menurutnya, hutan merupakan tempat yang memberikan banyak manfaat baik dan positif bagi mahluk hidup. Terutama hutan memberikan sumber oksigen bagi mahluk hidup. Hutan juga merupakan salah satu sumber resapan air yang harus di jaga dan di lestarikan. 

"Jangan sampai hutan tidak ada, tanah kita gersang. Saat terjadi teguran seperti bencana baru kita sadar. Itukan sudah terlambat, makanya kita harus bekerja sama dari sekarang menjaga hutan. Jangan sampai hutan habis di tebang dan menjadi gundul. Sebab jika itu terjadi, maka alam akan membalas kita dengan mendatangkan bencana. Mudah - mudahan saja bencana tidak terjadi dan kita selalu di lindungi," ungkapnya. 

Terkait tentang sungai yang ada di Kabupaten Sintang, dirinya selaku wakil rakyat, menghimbau masyarakat agar tidak meracuni mahluk hidup yang ada di sungai. Sebab jika hal tersebut dilakukan bisa mengakibatkan rusaknya habitat sungai.

"Jika sungai sudah di racuni, maka sungai akan tercemar dan rusak. Ekosistem di dalam sungai dan hutan otomatis menjadi tidak sempurna lagi. Terkadang tidak di sadari bahwa hal ini berdampak merugikan masyarakat kita sendiri. Makanya harus terus kita gaungkan agar masyarakat kita menyadari betapa perlunya menjaga lingkungan alam yang ada disekitar kita,”  tegasnya.

Menurutnya, sebagai masyarakat harus menghargai sisa - sisa peninggalan leluhur yang diturunkan kepada kita seperti menjaga hutan alam, dan seisinya. Guna keberlangsungan hidup. 

"Agar anak cucu kita kelak bisa selalu menikmati keindahan alam dan hutan. Serta agar udara segar bisa terus kita hirup untuk berbafas dengan baik. Dengan seperti ini maka kita tidak akan di salahkan mereka. Karena kita selalu menjaga hutan untuk keperluan dan kebaikan kita bersama, yakni semua mahluk hidup," pungkasnya. (bn)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini