Pemkab Melawi Siap Jadi Tuan Rumah Pesparawi ke-X Pemprov Kalbar 2023

Sebarkan:

Ekspose persiapan pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2023 di Kabupaten Melawi. (Foto:ist). 
Melawi Kalbar, Suaraborneo.id - Pemerintah Kabupaten Melawi melaksanakan ekspose ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terkait persiapan pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2023 di Kabupaten Melawi, Selasa (31/05/2022) kemarin, di rumah dinas Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

Kegiatan ekpose tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, didampingi oleh Wakil Bupati Melawi, Kluisen yang juga sebagai Ketua Umum Pelaksanaan Pesparawi ke-X, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Paulus, Ketua LPPD Kabupaten Melawi, dan diterima langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan, yang didampingi oleh Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dan Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor. 

Dalam pemaparannya, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengungkapkan, kesiapan Kabupaten Melawi sebagai tuan rumah pelaksanaan Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2023. Menurutnya, Kabupaten Melawi telah ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Pesparawi ke-X berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 118/Kesra/2020 dan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor : 444/RO-KESRA/2022.

“Kabupaten Melawi sangat siap sebagai tuan rumah Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat ini. Sampai saat ini Kabupaten Melawi terus melaksanakan berbagai persiapan mulai dari menyiapkan venue perlombaan, akomodasi, lokasi pembukaan dan fasilitas pendukung lainnya. Panitia juga terus menyiapkan hal-hal teknis lainnya,” ungkapnya.

Terkait waktu pelaksanaan, Bupati Melawi mengatakan Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat akan dilaksanakan pada Bulan Juni tahun 2023 di Kota Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi.

“Untuk tanggalnya kita masih berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, yang pasti akan dilaksanakan ketika musim liburan anak sekolah pada Juni tahun depan,” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati menerangkan berbagai venue atau lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat perlombaan, diantaranya Gloria Center, Gedung Serbaguna, dan Gereja GKKB. Lokasi Musda akan diselenggarakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi. Sedangkan lokasi pembukaan, penutupan, pameran, defile kontingen akan dilaksanakan di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati mengungkapkan ada kurang lebih 3.400 peserta yang akan mengikuti Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

“Tentunya untuk akomodasi kita juga telah menyiapkan di berbagai sekolah untuk 13 kontingen dari Kabupaten/Kota, dan ada 17 hotel atau penginapan dengan jumlah 449 kamar, dan 14 kamar paviliun Pemerintah Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Dan untuk pembiayaan, Bupati menjelaskan pelaksanaan Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat membutuhkan biaya kurang lebih 14 milyar rupiah.

“Terkait dana penyelenggaraan kegiatan Pesparawi ini, karena ini gawai Pemerintah Provinsi, tentunya kami berharap adanya sharing dana melalui APBD Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Melawi juga siap mendanai melalui APBD tahun 2023, serta mempersiapkan infrastruktur pendukung pelaksanaan kegiatan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen yang juga sebagai Ketua Umum Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat mengungkapkan harapannya agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga dapat mendukung perbaikan infrastuktur penunjang pelaksanaan Pesparawi.

“Selain sharing dana, kami juga berharap kepada Pemerintah Provinsi untuk dapat mendukung perbaikan infrastruktur penunjang pelaksanaan Pesparawi seperti jalan menuju lokasi pembukaan maupun penataan halaman venue,” ungkap Kluisen. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan, menyambut baik pelaksanaan ekpose oleh Pemerintah Kabupaten Melawi terkait persiapan pelaksanaan Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2023 mendatang.

“Dari paparan ekspose ini, Kabupaten Melawi telah siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pesparawi ke-X tahun depan. Tentunya terkait hal-hal teknis dan penganggarannya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan membahasnya lebih lanjut,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat juga berharap pelaksanaan Pesparawi ke-X tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Melawi bisa berjalan dengan baik dan lancar. (humas/Fariz). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini