-->


Sambut Idul Fitri, Gema Takbir Iringi Pawai Obor di Sanggau

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Pawai Obor di sambut hari raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 di Sanggau. 
Sanggau Kalbar, suaraborneo.id - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menyambut hari raya Idul Fitri, seperti yang dilakukan Kerabat Keraton Surya Negara dan Kolaborasi Umat Muslim di Sanggau. Mereka melakukan pawai obor sambil mengumandangkan takbir di jalan-jalan utama kota Sanggau.

Kegiatan bertajuk Semarak Obor Kemenangan itu digelar dengan penerapan protokol kesehatan. Pawai obor dimulai dari kawasan Keraton Surya Negara Sanggau, lalu mengitari Jalan Ahmad Yani. 

"Malam ini kami melaksanakan takbiran untuk menyambut hari kemenangan, hari yang Fitri. Setelah berpuasa selama sebulan, pada malam 1 Syawal kita melakukan budaya yang sudah dilakukan turun temurun yaitu pawai Keriang Takbir Bubor," ujar Raja Sanggau, Gusti Arman, penanggungjawab Semarak Obor Kemenangan, Minggu (1/5/2022) malam.

Keriang Takbir Bubor, dijelaskannya, adalah salah satu tradisi masyarakat melayu dan umat Muslim Sanggau dengan melafadzkan asma Allah untuk tujuan memperoleh keselamatan, keberkahan dan hidayah dari Allah SWT.

Sekata dengan Gusti Arman, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan menyampaikan, pawai obor menyambut hari kemenangan itu untuk mempererat persatuan umat Islam.

"Setelah satu bulan berpuasa, kita menyambut hari kemenangan dengan persatuan. Pawai obor ini untuk menguatkan ukhuwah islamiyah dan membersihkan diri," kata Ketua MABM Sanggau ini. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini