-->

Festival Air Kapuas Tahun 2022, Dalam Rangka HUT Kota Sintang Ke-660

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Bupati Sintang, Jarot Winarno, saat membuka kegiatan Festival Air Kapuas Tahun 2022. 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, Kegiatan Festival Air Kapuas Tahun 2022, di Taman Bungur depan rumah Bupati Sintang, Kamis (26/5/2022). 

Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan bahwa 660 tahun yang lalu Djoebair Irawan I berkayung dari Sepauk menuju Saka Tiga Sintang. 

“Saat itu, beginilah budaya tepi sungai Kapuas di Saka Tiga. Pertemuan sungai Kapuas dan Sungai Melawi. Budaya yang ada ini harus kita lestarikan. Sekarang pemerintah bisa melestarikannya dengan membangun waterfront. Waterfront ini dibangun untuk menjaga budaya tepi sungai,” kata Jarot. 

Pelaksanaan festival ini kata dia, juga sebagai salah satu upaya menjaga aktivitas dan budaya yang ada di tepi sungai. 

"Terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung pelaksanaan Festival Air Kapuas tahun 2022 ini. Dua tahun kegiatan kita vakum karena pandemi,” ujarnya 

“Kita bangga bisa melaksanakan kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Sintang yang ke-660. Hadiahnya biasanya piala, piagam dan beras. Tahun sebelumnya, lomba perahu di Sintang dikuasai peserta dari Melawi dan Sekadau. Sintang hanya satu tim yang juara. Tahun ini, harapan saya bisa berimbang,” harap Bupati Sintang. 

Ketua Panitia, Ade M Polo, menyampaikan, Festival Air Kapuas Tahun 2022 merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Sintang yang ke-660.

“Kami mengisinya dengan dua lomba yakni lomba sampan bidar dan lomba sampan dragon boat. Kita ingin melestarikan budaya daerah Sintang. Soal lomba sampan dragon boat. Tentu ini sangat baik bagi para atlet untuk mempersiapkan diri pada event di tingkat Provinsi Kalimantan Barat pada November 2022 nanti di Kabupaten Sambas,” ungkapnya 

Ade M Polo menerangkan, Festival Air Kapuas Tahun 2022 akan berakhir pada Minggu, 29 Mei 2022. Untuk lomba sampan bidar diikuti 32 klub dan untuk lomba sampan dragon boat diikuti 21 klub. 

“Kami berharap, dengan dimulainya kegiatan ini tahun ini, tahun depan juga kembali dilaksanakan, sehingga klub-klub yang ada kembali semangat menyiapkan diri dan lomba tahun depan. Bagi pemenang, kami menyiapkan uang pembinaan dan tropi penghargaan. Terima kasih kepada dukungan semua pihak kepada kami sebagai penyelenggara," ucapnya 

“Kepada para peserta, kami menghimbau untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam perlombaan. Olah raga ini bagian dari budaya kita. Mari kita jadikan lomba ini sebagai sarana memperkuat persaudaraan diantara kita,” pungkasnya. (hm/as). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini