Selain GeNose, Dinkes Kubu Raya Juga Gencar Lakukan Swab PCR

Sebarkan:

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Marijan. Foto : Ist
Kubu Raya, Suaraborneo.id-Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas kesehatan selama Ramadhan menggencarkan melakukan Screening GeNose C-19 dan melakukakn swab PCR untuk memastikan kesehatan masyarakat seperti di sekolah, terminal, pelabuhan, cafe, rumah ibadah dan pelayanan publik serta pusat perbelanjaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Marijan mengatakan, pihaknya tetap melakukan berbagai antisipasi penyabaran Covid-19 di daerah itu, baik dengan swab PCR maupun screening GeNose. 

“Selama dilakukan testing GeNose ini, masyarakat tidak pernah mengeluh, justru merasa bersyukur karena testing yang dilakukan pihaknya tidak dipungut biaya dan masyarakat juga mengaku tidak panik dan tegang saat di testing GeNose,” kata Marijan, Selasa (26/4/2022).

Marijan menambahkan, selain melakukan testing GeNose pihaknya juga secara rutin melakukan pemeriksaan swab PCR kepada masyarakat yang datanya selalu dikirimkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, hal itu dapat dibuktikan dengan data yang dimiliki pihaknya dan menampik pernyataan Gubernur Kalbar Sutarmidji jika Kubu Raya hanya melakukan screening GeNose C19.

”Hasil pemeriksaan swab PCR ini merupakan hasil screening dari masing-masing Puskesmas yang dikumpulkan yang selanjutkan pihaknya menyampaikannya ke Dinkes Provinsi dan hasilnya akan disampaikan kepada pihaknya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap Puskesmas di Kubu Raya melakukan pelapisan-pelapisan yang berhubungan dengan Covid-19.

“Puskesmas inikan akan dibagi lagi yang mana orang yang batuk pilek akan langsung dilakukan swab PCR dan hasil swabnya akan dikirimkan ke provinsi maupun diperiksa oleh kabupaten sendiri," pungkasnya. (eka). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini