-->

Posyandu itu Penting, ini Manfaatnya

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Welbertus.
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Kesadaran orang tua untuk memeriksakan anak balitanya secara rutin di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Sintang masih terbilang rendah.

Padahal, pemeriksaan rutin seperti menimbang berat dan mengukur tinggi anak di Posyandu sangat diperlukan untuk memantau masa kembang anak. Hal tersebut dikatakan Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Welbertus kepada media ini.

“Keberadaan Posyandu salah satu tujuan pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi para ibu dalam hal mengecek atau memberikan pelayanan kesehatan anaknya agar tetap tumbuh sehat,” ujarnya.

Selain itu, keberadaan Posyandu sangat penting untuk masyarakat. Apalagi, untuk mengetahui pertumbuhan bayi dan anak pada masa pertumbuhan.

“Posyandu adalah milik masyarakat untuk masyarakat. Karena pemanfaatn Posyandu penting bagi pertumbuhan bayi dan anak dan hal ini merupakan salah satu upaya mencegah stanting sejak usia dini,” ungkapnya

Tujuan Posyandu lanjutnya, untuk memberikan penyuluhan para ibu tentang bagaimana tumbuh kembangnya balita, penyuntikan vaksin imunisasi, pemberian vitamin dan suntik KB.

“Kita berharap kepada para ibu agar dapat berpartisipasi aktif untuk mengikuti kegiatan Posyandu demi menjaga dan mengetahui bagaimana pertumbuhan anaknya,” tutup Welbertus.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengatakan, rendahnya pemanfaatan Posyandu di beberapa desa lantaran stigma yang masih berkembang di masyarakat. Dan stigma itu kata dia, masih ada hingga hari ini.

“Stigma masyarakat kalau imunisasi sudah lengkap, tidak perlu lagi ke Posyandu,” ujarnya

Menurut Sinto, masyarakat sebenarnya tahu pentingnya membawa bayinya ke Posyandu. Namun, masih banyak juga yang menyepelekan.

“Masyarakat sebenarnya tahu, tetapi anggpannya untuk apa ke Posyandu kalau cuma ditimbang dan diukur tinggi badan. Padahal, Posyandu seharusnya sampai balita dan di Posyandu bisa dilihat status gizinya,”pungkasnya. (tm).
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini