-->


Kades Umin Jaya Berharap Ada Gedung Seni di Desanya

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Kegiatan Pelatihan Tenun dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) kelompok wanita prakarya Desa Umin Jaya
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan kegiatan Pelatihan Tenun dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) kepada kelompok wanita prakarya Desa Umin Jaya, yang dilaksanakan di Aula Desa Umin Jaya, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Senin (4/4/2022). 

Kepala Desa Umin Jaya, Hamir Matius menjelaskan bahwa pelaksanaan pelatihan yang mengikuti kegiatan ini merupakan generasi-generasi penerus tenun ikat di Desa Umin Jaya.

“Perlu diketahui, para pengrajin atau penenun di Desa Umin Jaya ini cukup banyak, sehingga yang ikut kegiatan pelatihan ini tidak semuanya, akan tetapi bagi ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini nantinya akan meneruskan informasi atau memberikan pelatihan kepada ibu-ibu yang lain, karena kami di Desa Umin Jaya ini banyak generasi penerus penenun, mulai dari anak-anak hingga dewasa itu kami bina untuk bisa menenun, mengenali motif, nama-nama motif, hingga terkait pewarnaan,” jelasnya.

"Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang saya berharap apabila hasil-hasil daripada para pengrajin tenun ikat Desa Umin jaya ini baik dan bagus, maka saya berharap hasil tenun ini dijadikan pakaian wajib untuk kantor-kantor paling tidak satu hari dalam seminggu,” harapnya .

“Yang kedua, kepada Pemerintah Kabupaten Sintang dan Bank Indonesia kami berharap agar dapat membantu kami  kedepannya untuk mendirikan bangunan gedung seni di Desa Umin Jaya ini, serta perlu bantuan terkait mesin jahit. Untuk lahan gedung seni kami sudah menghibahkan tanah untuk pembangunan gedung tersebut, nantinya gedung seni Desa Umin Jaya akan kami gunakan untuk para pelaku pengrajin tenun ikat untuk melakukan penenunan hingga kegiatan-kegiatan pelatihannya yang dimana kami akan melakukan inovasi-inovasi terkait motif yang kekinian,”  pungkasnya. (hm).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini