-->


Dewan Mendukung Pembangunan Waterfrontcity

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Welbertus. Foto : int. 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id –  Pembangunan Waterfrontcity di Kabupaten Sintang menjadi kebutuhan bagi pengembangan kota masa kini. Penataan tepian sungai melawi dan kapuas memang sudah jadi kebutuhan. Dalam menata tepian sungai melawi dan kapuas Harus ada sinkronisasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dalam mewujudkannya.

“Intinya, kami sebagai wakil rakyat mendukung adanya pembangunan tersebut, selama tidak menyalahi aturan,” kata Welbertus, Anggota DPRD Kabupaten Sintang belum lama ini.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, waterfrontcity dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah. Pasalnya, dengan dibangunnya waterfrontcity maka potensi wisata juga akan turut menggeliat begitu juga dengan PAD akan semakin bertambah.

“Jika potensi wisata meningkat maka peluang ekonomi juga akan meningkat. Khususnya disektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Jadi antara pariwisata dan ekonomi akan saling menyokong,” ucapnya.

Meskipun demikian, Welbertus menyampaikan untuk membangun waterfrontcity tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit terlebih lagi jika mengandalkan APBD. Untuk itu, perlu keterlibatan semua pihak dalam melakukan pembangunan waterfrontcity.

“CSR perusahaan bisa digunakan untuk membantu pembangunan waterfrontcity karena nantinya akan dijadikan fasilitas publik. Dengan dilengkapi Ruang Terbuka Hijau (RTH) maka adanya waterfrontcity jadi wajah indah di Bumi Senentang ini,” katanya.

Selain masalah dana kata dia, perencanaan pembangunan waterfrontcity harus dilakukan dengan matang dan menyesuaikan dengan tanah dan dibuat tahan terhadap kondisi alam. Jika tidak, maka hasilnya pembangunan waterfrontcity tidak maksimal bahkan mungkin bisa gagal.

“Semua sektor perlu dilibatkan dalam perancangan waterfroncity. Sinergisitas menjadi penting karena merupakan awal dari pembangunan berkelanjutan. Kehadiran waterfroncity tidak akan maksimal bila tanpa ditopang dengan kesiapan masyarakat. Jadi, grand design awal sangat menentukan,” pungkasnya. (tm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini