-->

Mantan Bupati Bengkayang, Jacobus Luna Tutup Usia

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Jacobus Luna
Bengkayang Kalbar, Suaraborneo.id - Mantan Bupati Bengkayang, Drs.Jacobus Luna, M.Si (81) wafat, Jumat 11 Maret 2022 pukul 09.00 Wib, yang sebelumnya, beliau sakit dan di rawat di RSUD Bumi Sebalo Bengkayang.

Kabar duka ini segera menyebar di kalangan masyarakat, bahkan Whatshap, Line, Instagram, Facebook dan lainnya dipenuhi dengan informasi telah berpulangnya tokoh masyarakat Bengkayang ini.

"Benar, bapak sudah meninggal," kata salah satu keluarganya saat di temui Jumat (11/3/2022) di rumah duka Jalan Sekayok kelurahan Sebalo.

"Saat ini, kami sedang menunggu jenazah bapak dan juga mengemaskan rumah," tambahnya 

Mantan Bupati Bengkayang, Jacobus Luna Lahir di Aruk Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat 12 Desember 1941 genap berusia 81 tahun meninggal dunia diusia tuanya.  

Jacobus Luna sendiri dikenal oleh masyarakat secara luas merupakan birokrat tulen. Pada saat Kabupaten Bemgkayang berdiri dimekarkan dari Kabupaten Sambas berdasarkan UU No 10 Tahun 1999 Tentang Pembentukan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, mengawali karirnya sebagai Penjabat Bupati Bengkayang periode 1999 – 2000,

Selanjutnya setelah melalui proses demokrasi menjadi Bupati Bengkayang selama dua periode 2000–2005 dan 2005-2010.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang, Dominus Robinson saat dijumpai dirumah duka membenarkan, Jacobus Luna telah meninggal dunia. 

"Kami semua merasa kehilangan seorang pemimpin dan sekaligus orang tua kami yang selama ini menjadi panutan," ucap Robinson

"Kita semua berduka, keluarga semua berduka, dan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang juga berduka, begitupun masyarakat Provinsi Kalbar pasti berduka dan merasa kehilangan seorang sosok pemimpin yang sangat baik dan mengayomi," ungkapnya 

"Sekarang ini jenazah akan dibawa kerumah   duka di Komplek Perumahan Sekayok Ibu Kota Kabupaten Bengkayang," kata Robinson.

Untuk diletahui bersama, Jacobus Luna, pernah menjadi Pembantu Bupati Sanggau berkedudukan di Sekayam, Sekretaris Daerah Kabupaten Pontianak yang sekarang bernama Kabupaten Mempawah, dan Ia juga pernah menjadi pembantu Gubernur Sektor Timur Kalimantan Barat berkedudukan di Kota Sintang.

Kemudian saat menjadi Pembantu Gubernur Daerah Tingkat I Kalbar berkedudukan di Sintang, Jacobus Luna ditunjuk Gubernur Kalimantan Barat saat itu, H.Aspar Aswin menjadi Penjabat Bupati Bengkayang tahun 1999, dimana Kabupaten Bengkayang baru saja menjadi sebuah pemerintahan otonom dipisahkan dari Kabupaten Sambas.

Kemudian Kabupaten Bengkayang dimekarkan lagi menjadi Kota Singkawang, jadi Kabupaten Sambas mekar menjadi Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas. 

Jacobus Luna menjadi Penjabat Bupati Bengkayang hingga menjadi Bupati Bengkayang selama dua periode, 2000–2005 dan 2005-2010 merupakan alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Pontianak dan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN).

Mengawali karir di Pemerintahan, Jacobus Luna bertugas di wilayah konflik di wilayah Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang yang saat itu masih merupakan wilayah Kabupaten Sambas. Perlu juga diketahui akan kiprah almarhum ketika berlangsung operasi penumpasan Pasukan Gerilya Rakyat Sarawak (PGRS) yang berlangsung sekitar 8 tahun pada tahun 1966–1974.

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu dari 5 pemerintahan otonom berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sarawak Federasi Malaysia bagian Timur.

Pantauan media ini, di rumah duka sudah berdatangan keluarga, kerabat, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang Obaja, para Kepala OPD, dan hingga pukul 12.00 Wib Jumat (11/3/2022) masih menunggu kedatangan jenazah yang dibawa dari RSUD Bumi Sebalo Bengkayang,kemudian terlihat di beberapa kantor Pemerintah seperti Dinas Perhubungan,  halaman Mapolres Bengkayang terpasang bendera setengah tiang sebagai tanda berduka. (kurnadi/rinto). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini