-->

Setelah di Sekadau, Mensos RI Lanjut Tinjau Banjir di Sintang

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Mensos RI Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T saat memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir di Sintang

Sintang Kalbar
, Suaraborneo.id - Menteri Sosial Republik Indonesia Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang, Rabu (3/11/2021). 

Pada kunjungan ini, Menteri Sosial, Tri Rismaharini yang didampingi Lasarus, S. Sos, M. Si Ketua Komisi V DPR RI, Pejabat Kementerian Sosial RI, Pejabat Kementerian PUPR dan Pejabat Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggunakan jalur darat, rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini sekali singgah di Lengkenat Kecamatan Sepauk karena jalan yang mereka lewati tergenang banjir cukup deras dan memberikan bantuan bagi warga di sekitar lokasi banjir. Rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di Kabupaten Sintang pada pukul 11.45 Wib dan langsung menuju ujung jembatan Kapuas Sintang. 

Tiba di Jembatan Kapuas, rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini disambut Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si didampingi  Forkopimda Kabupaten Sintang. Menggunakan perahu karet, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dan Plh. Bupati Sintang didampingi pejabat lainnya mengunjungi warga yang terdampak banjir yang masih bertahan di rumah mereka masing-masing di daerah Menyumbung. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung menyapa warga korban banjir di sekitar SMP Negeri 4 Sintang dan menyerahkan bantuan sembako kepada warga. Setelah pulangnya, Risma langsung turun dari perahu karet dan memilih berjalan kaki dan menerobos banjir saat kembali ke kendaraan dinas. 

“Kondisi banjir yang melanda Kabupaten Sintang saat ini lebih parah dari sebelumnya. Kalau kita mempelajari dampak global warming, ke depan akan semakin berat karena itu harus ada langkah mitigasinya atau pencegahan. Supaya tidak terjadi lagi banjir sebesar ini, minimal berkuranglah banjirnya dimasa yang akan datang,” kata Rismaharini saat di wawancara wartawan. 

“Dan ke depan, kita tidak hanya melakukan mitigasi bencana banjir, tetapi antisipasi yang akan terjadi ratusan tahun yang akan datang. Antisipasinya mulai dari sekarang, karena kalau tidak, banjir akan semakin lebih berat lagi,” kata Tri Rismaharini. 

Sementara Ketua Komisi V DPR RI Lasarus yang turut mendampingi Menteri Sosial menyampaikan atas nama seluruh masyarakat Kalimantan Barat terkhusus Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau dan Melawi mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Sosial yang sudah memberikan perhatian kepada korban banjir. 

“Kita memberikan apresisasi atas apa yang dilakukan oleh Ibu Menteri Sosial yang sudah rela berkunjung bahkan sampai berbasah-basahan. Saya tadi belakangan  nyebur ke banjir dan Bu Risma duluan turun dari perahu karet. Ibu Menteri Sosial sudah luar biasa membantu warga. Sementara ini, Ibu Menteri datang kesini untuk melihat kebutuhan yang urgen dulu,” terang Lasarus

“Kita ke sini ditemani oleh Tim Kementerian PUPR untuk melihat kondisi yang ada. Banjir seperti ini pastilah ada dampaknya seperti kerusakan infrastruktur dan upaya perbaikan nantinya. Diskusi ini akan terus berlanjut di Jakarta nanti. Diskusi lintas kementerian pasti dilakukan supaya banjir ini ke depan bisa kita minimalisir,” pungkasnya.**

 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini