Wabup Sanggau Membuka Kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Dan III Di Lingkungan Pemkab Sanggau

Sebarkan:


Sanggau Kalbar, suaraborneo.id – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, membuka pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau Tahun 2021.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan, pelatihan dasar CPNS ini merupakan upaya bagaimana pemerintah untuk menyatukan pemahaman terhadap dirinya sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ketika memasuki dunia Pegawai Negeri Sipil (PNS).


“Jangan sampai ada PNS ini terpapar dengan ajaran-ajaran yang justru merusak persatuan dan kesatuan bangsa ini,”kata Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Rabu, (2/6/2021).


“Mereka juga harus mampu menjelaskan setiap kebijakan pemerintah, baik itu pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada lapisan terbawah," ujarnya.


"Selain itu, mereka juga harus mampu beradaptasi dimanapun dia ditugaskan," pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia BKPSDM Kabupaten Sanggau, Herkulanus mengatakan, pelatihan dasar CPNS ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh CPNS.


“Karena mereka selaku CPNS inikan kedudukannya masih masa percobaan. Nah, dimasa percobaan ini mereka kita beri pendidikan dasar sehingga nanti bagi mereka yang dinyatakan lulus baru dapat di angkat menjadi PNS sepenuhnya. Terkait dengan jumlah peserta secara keseluruhan berjumlah 200 orang, mereka merupakan CPNS yang diangkat pada formasi tahun 2019 yang lalu,” jelas Herkulanus.


“Pesertanya ada 200 orang, mereka dibagi menjadi 5 angkatan setiap angkatan masing-masing 40 orang," ujarnya.


Herkulanus juga mengatakan, adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah metode on off campus, artinya nanti akan ada materi kelas. Materi kelas ini adalah materi dalam kategori on campus dan kemudian nanti selebihnya mereka akan ditugaskan kembali ke tempat tugasnya masing-masing, tetapi masih dalam rangkaian pelaksanaan pendidikan dasar. Karena nanti materi-materi teori yang mereka dapatkan dimasa on campus itu akan diterapkan dalam masa off campus. Nah, setelah itu mereka akan kembali lagi memasuki pembelajaran secara on campus atau tatap muka untuk mereka menyampaikan laporan-laporan terkait dengan pelaksanaan tugas yang mereka lakukan berdasarkan teori yang mereka dapatkan di materi kelas. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini