Masyarakat Sampaikan Prioritas Pembangunan di Semitau Kepada Bupati

Sebarkan:

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, saat menerima audensi beberapa Kepala Desa se Kecamatan Semitau, Temenggung, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda

KAPUAS HULU, suaraborneo.id - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, menerima audensi beberapa Kepala Desa se Kecamatan Semitau, Temenggung, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda yang didampingi oleh Sitim Harjo Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu periode 2014 – 2019, Kamis (6/5/2021).


Sitim Harjo menyampaikan bahwa tujuan kedatangan mereka ke kantor Bupati adalah untuk menyampaikan usulan prioritas pembangunan yang ada di Kecamatan Semitau.


"Kami masyarakat yang berada di Kecamatan Semitau telah menyepakati untuk usulan prioritas kami mengenai Guru Tenaga Kontrak setelah kami data ternyata masih banyak guru yang honor begitu juga dengan tenaga kesehatan kami berharap satu dusun ada satu bidan/perawat,” kata Sitim Harjo.


Selain masalah tenaga pendidik dan kesehatan beberapa Kepala Desa sekecamatan Semitau beserta rombongan menyampaikan bahwa mereka sangat memerlukan jembatan.


"Kami juga mengusulkan pembangunan jembatan penyeberangan agar bisa menghubungkan ke kecamatan Suhaid maupun Kecamatan Silat Hulu dan Hilir, selain itu jika mengusulkan pembangunan jembatan Kapuas untuk mempermudah masyarakat dalam mengangkut segala kebutuhan barang pokok, hasil perkebunan dan lain sebagainya," tambah Sitim Harjo


Dalam audensi tersebut selain menyampaikan program prioritas beberapa Kepala Desa juga menyampaikan bahwa di Desa mereka sangat memerlukan Listrik dan jaringan telekomunikasi


"Di Desa kami Pak belum ada listrik dan Jaringan internet semoga Bapak bisa memberikan solusi atau memberikan kebijakan pembangunan di Desa kami" terang Kades Kenepai Komplek Jhon.


Bupati Kapuas Hulu menjelaskan, bahwa usulan pembangunan yang disampaikan merupakan kebutuhan dasar semua masyarakat.


"Makanya di tahun pertama ini kita cari kebutuhan prioritas dulu. Saya menyadari betul daerah Kecamatan Semitau masih banyak kebutuhan dasar belum terpenuhi apalagi tentang tenaga kesehatan maupun guru kalau bukan karena aspirasi Dewan di daerah seberang tidak ada apa-apa," kata Bang SIS.


Bupati Kapuas Hulu juga menambahkan, terkait pembangunan yang ada di Kecamatan Semitau dan merupakan prioritas agar segera di usul ditahun ini


"Untuk prioritas pembangunan yang sudah disepakati di Kecamatan Semitau saya minta agar segera dimasukkan proposalnya pada tahun ini selain itu jika ada proposal bantuan rumah ibadah baik masjid maupun gereja atau rumah ibadah lainnya segera juga masukkan di tahun ini agar bisa dianggarkan," pinta Bupati Kapuas Hulu


Mengenai jembatan Bupati menyampaikan bahwa di Kecamatan Semitau apalagi di Desa Semitau Hilir salah satu Desa yang paling banyak jembatannya.


"Terkait jembatan Sungai Semitau dan jembatan Marsedan sudah kita usulkan ke pemerintah provinsi untuk dipertimbangkan agar bisa diganti menjadi jembatan rangka baja dan usulan ini masih dalam tahap kajian karena lokasi sangat dekat dengan pemukiman, kalau harus diganti jembatan rangka baja banyak rumah yang terdampak" ujarnya.


"Selain itu saya juga sudah menemui Direktur BUMD, kita berdiskusi mengenai planning bisnisnya, saya meminta agar daerah semitau mereka kaji juga untuk mendirikan penyeberangan tongkang dan ini bisa menambah pendapatan daerah kita" tambah Bang SIS.


Disela-sela Audensi tersebut Bupati Kapuas Hulu menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 di Kapuas Hulu sedikit rawan atau ada peningkatan kasus. Untuk itu ia mengajak semua masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan.


"Kita berharap Kapuas Hulu tidak sampai masuk ke zona merah karena kalau sudah masuk zona merah banyak aturan-aturan yang akan kita terapkan saya mohon kerjasamanya dari seluruh elemen masyarakat maupun pemerintah desa dan kecamatan agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan,” pungkasnya.(Rls/TN).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini