Jelang HUT Kota Sanggau Ke-405, Wabup Ziarah Ke Makam Pangsuma

Sebarkan:


SANGGAU, Suaraborneo.id - Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada satu diantara berdirinya cikal bakal kota sanggau, menjelang peringatan hari jadi kota sanggau yang ke-405 pada 4 april 2021 mendatang, Wakil Bupati (Wabup) Sanggau, Yohanes Ontot, melakukan ziarah dan tabur bunga ke Makam Pangsuma di Jalan Djoko Soedarmo, Desa Meliau Hilir, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalbar, belum lama ini.


Satu diantara keluarga besar Pangsuma memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau karena mau datang untuk berziarah ke makam Pangsuma.


Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan, ziarah ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang bergerilya melawan penjajah Jepang di Meliau. 


"Mengapa kita datang pada peringatan Hari Jadi Kota Sanggau, karena kita mengingat pesan Bung Karno, jangan pernah lupakan sejarah. Sanggau ini ada, pasti ada orang sebelumnya yang merintis dengan cara, dengan pikiran mereka pada kondisi waktu itu. Sejarah Sanggau ini cukup panjang, yang harus kita refleksi ulang agar para generasi kita tidak lupa," ucap Ontot.


"Pangsuma ini sudah berjuang membebaskan Meliau dari penjajah Jepang," ujarnya.


Wabup mengungkapkan, di komplek Makam Pangsuma ini, termasuk ada Pak Timbang, Nenek Timbang, Pak Burung. 


"Kemudian Pak Ajoen Langgan Jantan ini kebetulan Om (paman), karena sepupu bapak saya. Ada lagi beberapa orang. Mereka ini adalah pejuang di masa penjajahan," pungkasnya. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini