-->

Silaturahmi Pelaku Bisnis Agrowisata di Sintang

Editor: Admin/gon
Sebarkan:



SINTANG, suaraborneo.id - Wakil Bupati Sintang Sudiyanto hadir dalam acara silahturahmi pelaku bisnis agrowisata dan sektor penunjang yang dilaksanakan di Kedai Hijau Agrowisata Keling Kumang Jalan Lingkar Kelam, Rabu 17 Maret 2021. 

Hadir pada kegiatan ini para pelaku usaha Agrowisata kabupten Sintang dan tamu undangan lainnya. 

"Sintang merupakan rumah besar milik kita bersama, sudah saatnya bagi kita untuk membangun Sintang yang lebih maju lagi, yakni melalui kegiatan seperti ini. Saya sangat senang dan menyambut baik juga berterimakasih kepada para pengiat dan pelaku usaha yang punya pemikiran bagus untuk memajukan sintang melalui Agrowisata  seperti ini," ujar Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mengawali sambutannya. 

Maju mundur ekonomi disintang ini tergantung kita maka dengan itu gagasan dan ide seperti ini patut kita kembangkan di sintang ini," tambahnya. 

Sekarang ini masyarakat selalu berpikir bagaimana mengekspolitasi alam, kenapa kita tidak melakukan konsep lestari bagaimana alam terjaga,masyarakat sejahtera dengan memanfaatkan alam menjadi nilai ekonomis untuk manusia. 

"Dengan Agrowisata ini kita bisa menonjolkan apa yang menjadi daya tarik di kabupaten Sintang ini, misalkan dengan mengenalkan hasil tananaman yang kita kembangkan seperti jambu kristal, dan belimbing madu yang ada di kebun pak Bahrun saat ini," kata Sudiyanto. 

Sintang ini kata dia, hanya buah semangka saja yang bisa diproduksi dan dijual sendiri yang mampu dipasarkan di kota sintang. "Selain buah semangka tidak ada parian buah lain yang mampu kita produksi dan kita pasarkan di dalam kota sintang ini," ungkapnya

Dengan munculnya pengiat dan pelaku usahan di bidang Agrowisata ini diharapkan Sintang mampu memunculkan parian parian buah-buahan yang lain untuk di produksi dan dijual sendiri sehingga tidak ketergantungan mendatangkan buah dari luar untuk dijual di Sintang dan harga jualnya cukup mahal. 

Kalau sudah muncul pengiat pelaku usaha di bidang Agrwisata seperti ini maka sintang akan maju yang mampu menjadi daya tarik dalam sektor bidang pariwisata. 

Menurutnya, Pengiat dan pelaku bidang Agrowisata wisata di Sintang masih kurang  banyak. "Dengan harapan, melaui forum ini kita mampu menarik minat rekan rekan yang lain ikut serta memajukan sintang melalui agrowisata dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Sintang kedepannya," harap Sudiyanto 

Yohana Tamara Yunisa, selaku Manajer Projek PT. Betang Mandiri dari Keling Kumang agrowisata menyampaikan, dirinya sudah mempunyai ide yang cukup lama namun hari ini kesempatan untuk berdiskusi tentang memajukan dan berkolaborasi tentang pariwisata melalui Agrowisata di Sintang. 

"Kita sejauh ini hanya fokus di bidang perkebunan kakau. Dengan kegiatan seperti ini exspansinya ialah kita inggin menarik minat anak-anak muda untuk melihat peluang yang ada di Sintang dari sektor perkebunan yang didalamnya kita kolaborasi dengan wisata," kata Yohana Tamara Yunisa.

Juwita, selaku pelopor dan pengagas di bidang perkebunan mengatakan, kegiatan ini merupakan pertamanya kalinya dilaksanakan. Sejauh ini yang sudah terdata yang akan mengembangkan usaha dibidang agrowisata sudah ada sekitar 8 pelaku usaha, yakni, Agrowisata Taman Kedah Tempunak, CU Keling Kumang, Agrowisata Bandara, Agrowisata Tatum, Agrowisata Jambu Kristal, Agrowisata Rumah Kopi, Agrowisata Kebun Edukasi dan Senentang Agro. (hms)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini